Fri 16 Nov 2018

Pj Walikota Tinjau Pabrik Plastik Daur Ulang, Herowin Sinaga : Kita Segera Bangun Pabriknya

Pj Walikota Jumsadi Damanik bersama Dirut PD PAUS Herowin Sinaga mengunjungi pabrik plastik yang berada di Tanggerang.

Tangerang, hetanews.com - -Menindaklanjuti pengembangan program Perusahaan Daerah Pembangunan Aneka Jasa (PD-PAUS) dalam berbagai sektor usahanya, Penjabat Walikota Siantar, Jumsadi Damanik, didampingi Direktur Utama PD-PAUS, Herowin TF Sinaga, MSi, berkenan mengunjungi pabrik pengolahan plastik hasil daur ulang milik PT Cendrawasih Global Indonesia (CGI) di Tangerang, Banten, Kamis sore (22/9).

Peninjauan ini dimaksudkan dalam rangka melihat secara langsung proses pengolahan plastik hasil daur ulang, yang nantinya akan diterapkan di Kota Siantar. Sebelumnya, pihak managemen PT CGI sudah pernah melakukan penjajakan dan studi awal langsung ke Siantar difasilitasi Direksi PD PAUS sekitar tiga bulan lalu.

Menurut penjelasan General Manager PT CGI, Reza, yang menerima rombongan Pj Walikota, hasil studi awal yang mereka lakukan baru-baru ini, menyimpulkan besarnya peluang bisnis di bidang usaha daur ulang plastik. Apalagi selama ini, banyak potensi plastik bekas yang dikumpulkan para pemulung dan dijual ke berbagai agen-agen pengumpul yang belum terkoordinir.

"Nantinya, para pemulung ini yang kita koordinir dengan membentuk kelompok-kelompok masyarakat (Pokmas) di masing-masing kelurahan kemudian di tingkat kecamatan. Selanjutnya, kita akan mengandeng para pengusaha lokal untuk bersedia menjadi pihak pembersih plastik, bahkan pengolah menjadi bijih plastik, sebelum sampai ke kita untuk diolah di pabrik," ujarnya.

Kerjasama dengan pihak PD-PAUS nantinya adalah produksi bijih plastik sebagai bahan baku untuk diolah menjadi bahan jasi siap pakai. Karena itu, dalam waktu dekat perlu lahan untuk mendirikan pabrik pengolahannya di Kota Pematangsiantar, sehingga bijih plastiknya tak perlu dijual ke Tangerang.

"Kita akan olah langsung bijih plastik tersebut dan produk jadinya juga dipasarkan di Siantar sekitarnya bersama dengan PD-PAUS," katanya.

Usai mendapatkan penjelasan, rombongan Pj Walikota diajak melihat proses pengolahan plastik dari mulai pemisahan, pembersihan, pemotongan, sampai menjadi bahan baku dalam bentuk bijih-bijih plastik yang siap untuk dijual.

"Teknologinya mudah dan murah, sehingga bisa segera dietrapkan di Pematangsiantar. Dalam waktu dekat, kami akan segera jajaki, setidaknya menghubungi lebih dahulu para pengumpul plastik bekas serta mencari agen-agen Pokmasnya," ujar Herowin.

Dalam peninjauan tersebut, Pj Walikota juga didampingi Kepala Bappeda, Ir  Reinward Simanjuntak, Kepala Dinas Tata Ruang, Drs Lukas Barus, Badan Pengawas PD-PAUS Drs Robert Samosir, Kabag Kesra SA Amsah dan Plt Kabag Humas, Jalatua Hasugian.

Penulis: tom. Editor: ebp.