Sat 15 Dec 2018

Muliaman Hadad: Lawan Rentenir dengan Akses Mudah, Harga Murah...

Ketua Dewan Komisioner Otoritas Jasa Keuangan (OJK) Muliaman D Hadad memberikan sambutan dalam peresmian gedung kantor perwakilan OJK Sulawesi Tengah,di Palu, SulawesiTengah,pada Kamis (22/9/2016).

PALU, hetanews.com - Ketua Dewan Komisioner Otoritas Jasa Keuangan (OJK) Muliaman D Hadad meminta kepada pengurus Tim Percepatan Akses Keuangan Daerah (TPKAD) Sulawesi Tengah dan Pemerintah Provinsi Sulawesi Tengah untuk bekerja sama dengan otoritas dan pemangku kepentingan terkait untuk mempercepat akses keuangan masyarakat di daerah.

Hal itu ia sampaikan usai mengukuhkan pengurus TPAKD Sulawesi Tengah, di Palu, Sulawesi Tengah, pada Kamis (22/9/2016).

Menurut Muliaman, akses keuangan menjadi isu penting dan program pemerintah. Bahkan Menteri Dalam Negeri Tjahjo Kumolo pun telah menginstruksikan pembentukan TPAKD di seluruh daerah di Indonesia.

"Sasarannya adalah mempercepat akses keuangan daerah sehingga bisa menyejahterakan masyarakat. Oleh karena itu, harus kerja sama semua pihak," kata Muliaman.

Lebih lanjut Muliaman meminta Sekretaris Daerah Provinsi Sulawesi Tengah untuk mengidentifikasi tantangan membuka layanan keuangan sampai ke daerah. Akses keuangan masyarakat harus dipermudah.

"Tetapi tak hanya mudah, saya ingin harganya lebih murah. Kalau berurusan dengan tengkulak, rentenir biasanya akses mudah, tetapi harga mahal (bunga tinggi)," kata Muliaman.

"OJK dan pemerintah ingin melawan rentenir dengan akses mudah, harga murah. Ini sasaran agar masyarakat Indonesia lebih sejahtera," ucap Muliaman.

Jamkrida

Dalam kesempatan itu pula, Muliaman merespons permintaan Pemerintah Provinsi Sulawesi Tengah agar dibentuk Penjaminan Kredit Daerah (Jamkrida) Sulawesi Tengah. Muliaman mengamini, pembentukan Jamkrida sangat diperlukan.

Kadang-kadang, kata dia, lembaga jasa keuangan enggan menyalurkan kredit kepada masyarakat karena merasa risikonya tinggi. Oleh karena itu, keberadaan Jamkrida bisa memberikan jaminan atas kredit yang disalurkan.

"Jamkrida sangat sejalan dengan peningkatan akses keuangan di daerah. Selamat kepada bapak Gubernur, kalau nanti Jamkrida bisa segera terbentuk," ucap Muliaman.

sumber: kompas.com

Editor: edo.