HETANEWS

"Disentil" Ganjar soal "Tax Amnesty", Ini Jawaban Bos Sidomuncul

Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo tengah berbincang dengan Dirut PT Sidomuncul Irwan Hidayat di sela kegiatan.Operasi Katarak Gratis Tolak Angin Sidomuncul, dalam rangka HUT Polantas ke-61 Polres Semarang di RS Ken Saras, Ungaran, Rabu (21/9/2016) siang.

UNGARAN, hetanews.com - Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo selalu punya cara untuk mengingatkan para pengusaha agar taat membayar pajak.

Contohnya saat memberikan sambutan pada acara Operasi Katarak Gratis Tolak Angin Sidomuncul, dalam rangka HUT Polantas ke-61 Polres Semarang di RS Ken Saras, Ungaran, Rabu (21/9/2016) kemarin.

Ganjar mulanya memuji kedermawanan Dirut PT Sidomuncul yang kerap menggelar kegiatan-kegiartan sosial untuk masyarakat, termasuk dalam kegiatan ini.

"Terima kasih untuk bapak Irwan, sudah banyak sekali kiprah Sidomuncul untuk masyarakat. Saya yakin, semakin banya yang ditolong maka semakin banyak yang mendoakan. Mudah-mudahan Sidomuncul tambah sugih (kaya), setelah itu jangan lupa tax amnesty," kata Ganjar dalam nada bercanda.

Menangapi sentilan itu, terpisah Direktur Utama PT Sidomuncul Irwan Hidayat menegaskan bahwa dirinya tidak punya dana yang diparkir diluar negeri. Dia juga menegaskan bahwa Sidomuncul telah menyelesaikan persoalan pajaknya tiga tahun lalu sebelum adanya program tax amnesty.

"Kalau saya, dana repatriasi itu memang ndak punya, kalau orang lain mau masukin ya enak, berarti duwitku. Tapi kalau tax amnesty itu kami sudah tiga tahun yang lalu, bagus semua, sudah selesai," kata Irwan.

Irwan mengungkapkan, tiga tahun silam, perusahaannya sudah menyelesaikan pajak berikut dendanya-dendanya. Saat ini dirinya justru terus mendorong para agen jamu Sidomuncul untuk mengikuti program pengampunan pajak yang tengah digencarkan pemerintah.

"Di Semarang sudah, kemudian tiga hari yang lalu dengan KPP Jakarta Selatan di Cilandak. Nanti kami akan jalan lagi," ujarnya.

Menurut Irwan, program tax amnesty ini harus didukung dengan cara menjaring sebanyak-banyaknya pengusaha menjadi peserta supaya pemerintah punya kecukupan anggaran untuk pembangunan.

Irwan berjanji akan berusaha mendorong para pengusaha lainnya, khususnya yang ada dilingkaran bisnis Sidomuncul ini untuk mengikuti program pengampunan pajak ini.

"Pokoknya saya akan jalan sepanjang saya bisa, terutama untuk agen-agen," tandasnya.

Sepanjang sosialisasi yang telah dilakukannya, Irwan mengaku semua agen-agen Sidomuncul tidak satupun yang merasa keberatan dengan adanya program tax amnesty tersebut.

Semua menyatakan harus mengikuti program itu lantaran selama ini meraka menyadari telah lalai dalam membayar pajak.

"Semua yang saya survey, saya wawancarai, semua merasa harus ikut. Karena selama ini memang banyak yang lalai," imbuhnya.

sumber: kompas.com

Editor: edo.