Fri 17 Aug 2018

Pembukaan Badan Jalan Hari Kedua Program TMMD di Haranggaol Horison

Lokasi jalan yang baru dibuka di Haranggaol (foto : Penrem 022/PT)

Simalungun, hetanews.com - Memasuki hari kedua kegiatan TNI Manunggal Membangun Desa (TTMM) ke 97 tahun 2016 di wilayah Kodim 0207/Simalungun berlangsung di Kelurahan Haranggaol, Nagori Binangara, Kecamatan Haranggaol Horizson, Kabupaten Simalungun, Rabu (21/9/2016).

Komandan Satuan Penugasan TNI Manungal Mamangun Desa (TMMD) ke-97 Tahun 2016 Dandim 0207/Simalungun Letkol Inf Oni Kristoyono Goendong menyatakan, pada pelaksanaan TMMD di Kodim 0207/Simalungun pada hari ke 2 pada pelaksanaan kegiatan fisik mobilisasi sudah mencapai 80 %, pembukaan badan jalan sudah mencapai P:10,3 KM, L:12 M = 7.300M (70,87%), pembangunan jembatan ukuran 4 meter X 5 meter sebanyak 2 buah sudah mencapai (27 %), untuk pembangunan gorong gorong 15 buah sudah mencapai 16 % dari target yang direncanakan.

Oni mengungkapkan, dengan adanya TMMD ini membuat Haranggaol tidak terisolir. Karena jalan lingkar sudah dibuka, maka warga bisa melintas dari Haranggaol menuju Karo, bahkan ke Medan. Melalui TMMD ini juga diharapkan perputaran perekonomian masyarakat berubah ke arah yang lebih baik.

Pada kesempatan itu ia menyampaikan pada pelaksanaan itu, TNI bersama rakyat mengerjakan pembuatan jalan dalam tiga tahap. Untuk tahap pra TMMD itu, dilalukan pengerjaan pembukaan badan jalan dan pembangunan gorong-gorong dengan proses pengecoran, anggota TNI selalu siap berkat bantuan masyarakat.

"Kami optimis ini bisa selesai tepat pada waktunya. Sehingga masyarakat yang ada di sana bisa menikmati jalan yang selama ini memang diinginkan. Kemudian akses warga untuk beraktifitas sehari-hari bisa berjalan normal," ujarnya. 

Selain pembangunan infrastruktur, pihaknya juga membuka lahan ketahanan pangan Padi Gogo dengan seluas 500 hektar yang terletak di Nagori Dolok Mariah, Kecamatan Dolok Silau Kabupaten Simalungun.

Warga Bersyukur Program TMMD, dari Rakyat untuk Rakyat

TNI berasal dari rakyat, apa yang dikerjakan semuanya adalah untuk rakyatnya, apa yang terbaik bagi rakyat berarti juga terbaik bagi TNI. Kami bangga bisa memberikan yang terbaik kepada masyarakat,".

Hal ini diungkapkan salah seorang prajurit Serma Gandi Batiops Kodim 0207/Simalungun disela-sela pelaksanaan TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) ke 97 di Kecamatan Haranggaol Horison Kabupaten Simalungun, Rabu (21/9/2016).

Amatan di lokasi, kebersamaan prajurit dengan masyarakat Kelurahan Haranggaol, Kecamatan Haranggaol Horisan telah terjalin seperti saudara sendiri. Ini dapat dilihat dari semangat kerjasama dengan elemen masyarakat.

Selama berlangsungnya program TMMD, personil TNI akan bermukim di rumah warga. Nantinya para prajurit akan menjadikan para warga yang dihuninya sebagai orang tua sendiri dan bahkan menganggap seperti rumah sendiri.

Hal itu diwajibkan, dengan tujuan para prajurit ikut merasakan kebersamaan, suka dan duka sebagai layaknya sebuah keluarga.

‘’Dengan ikut menyelami kehidupan setiap penduduk di desa akan terjalin hubungan kekeluargaan yang sesungguhnya,’’ jelas Serma Gandi.

Sementara itu, sejumlah warga mengaku, keberadaan TMMD bukan hanya membuat masyarakat senang. Tapi bangga, karena desa mereka menjadi sasaran program TMMD.

Penulis: bt. Editor: aan.