HETANEWS.COM

Mayat Bayi Diotopsi di Siantar, Otaknya Membubur

Proses otopsi mayat bayi. (foto : Tumpal Tanjung).

Siantar, hetanews.com - Temuan mayat bayi berjenis kelamin laki-laki di Dusun VIII, Desa Bangun Sari, Kecamatan Silau Laut, Kabupaten Asahan, diotopsi guna penyidikan aparat untuk mengungkap kasusnya.

Hasil otopsi menyatakan mayat bayi sepanjang 47 centimeter dan berat 1.410 gram, pertama kali ditemukan oleh warga setempat, Senin (19/9/2016) lalu, kelahirannya cenderung tanpa bantuan medis.

"Usia (bayi) dalam janin sudah cukup bulan yakni sekitar 36 minggu. Perkiraan (bayi) di dalam tanah 3 hari, dihitun dari pemeriksaan (otopsi)," ujar Kepala Forensik RSUD Djasamen Saragih, Reinhard Hutahaean, Rabu (21/9/2016).

Selain itu, dia mengatakan hasil pemeriksaan proses pembusukan lanjut di kulit kepala dan ditemukan belatung. Punggung bolong dan rambut kepala mudah lepas.

"Pembusukan paru-paru, hati, limpa, jantung dan bagian otak (bayi) sudah membubur atau encer," katanya.

Dirinya mengatakan, bayi yang lahirnya cenderung tanpa bantuan medis itu dapat dilihat dari kondisi porak-porandanya seperti tidak adanya perawatan, tidak diberi Air Susu Ibu (ASI) tanpa dibedong maupun perawatan lainnya.

"Bayi itu sehat dari pemeriksaan. Jadi ada istilah PAS (Pembunuhan Anak Sendiri) atau usai dilahirkan tanpa ada kasih sayang atau perawatan (diberi ASI dan dibedong) bayi itu dibunuh. Dan, istilah PAS itu pelakunya hanya ibu kandungnya, jadi kalau sudah sempat pindah tangan bukan PAS," tegasnya.

Sebelumnya, penemuan mayat bayi pertama kali diketahui oleh Panjul warga setempat.  Warga kemudian meneruskan ke perangkat desa hingga sampai ke telinga petugas Polsek Air Joman.

Pasca ditemukan, mayat bayi dibawa ke RSUD HAMS, Kisaran sebelum dibawa ke RSUD Djasamen Saragih. Kini kasusnya ditangani Polres Asahan, untuk pengembangan kasus serta mengungkap motifnya.

"Kita bawa kesini untuk diotopsi guna penyidikan kasusnya," ungkap Kanit Reskrim Polsek Air Joman ditemui di ruang Forensik RSUD Djasamen Saragih.

Penulis: bt. Editor: aan.

Daftarkan diri Anda sebagai anggota Heta News untuk selalu mendapatkan buletin berita populer langsung di kotak surat elektronik Anda!

Berlangganan

Daftarkan diri Anda sebagai anggota Heta News untuk selalu mendapatkan buletin berita populer langsung di kotak surat elektronik Anda!

Berlangganan

Aplikasi Heta News sudah tersedia di Google Play Store. Silakan pasang di ponsel pintar Anda!