HETANEWS

Kepsek SMAN 1 Siantar Ngaku Tidak Berani Terima "Siswa Siluman"

Aktivitas di SMAN 1 Siantar. (foto : Armeindo Sinaga).

Siantar, hetanews.com - Sekolah Menengah Atas Negeri (SMAN) 1 Kota Siantar yang beralamat di Jalan Parsoburan, Kecamatan Siantar Marihat untuk Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) Tahun Ajaran (TA) 2016/2017 tidak ada menerima siswa siluman.

Hal ini diakui oleh Bona Sihombing, Kepala Sekolah (Kepsek) SMAN 1 Kota Siantar, ketika dihubungi oleh hetanews melalui sambungan seluler, Senin pagi (19/9/2016. "Tidak ada (siswa siluman). Tidak berani kami gitu-gitu (memasukkan siswa siluman)," ujarnya singkat.

Ketika ditanyakan berapa kuota siswa baru dalam PPDB SMAN 1 Kota Siantar TA 2016/2017, ia menjawab bahwa kuota sekolah yang dipimpinnya sebanyak 360 orang siswa baru.

"Kuota 360 orang. Tapi ada 11 siswa baru yang tinggal kelas. Jadi jumlahnya 371. Kemudian, ada 5 orang yang telah pindah jadi saat ini 366 orang," kata Bona memperinci.

Bona juga mengatakan bahwa pihak Inspektorat pernah mendatangi SMAN 1 Kota Siantar untuk mengecek masalah PPDB. "Sudah pernah kok datang Inspektorat dan ajudan Penjabat (Pj) Wali Kota Siantar. Kami tidak berani gitu-gitu (menerima siswa siluman)," sebutnya.

Terakhir, Bona mengatakan, saat ini dirinya sedang tidak berada di Kota Siantar. Melainkan sedang mengikuti kegiatan di Kota Medan. "Maaf lah ya tidak bisa panjang lebar. Sedang ada kegiatan pendidikan dan pelatihan (diklat) ini di Kota Medan," ucapnya sambil menutup telepon.

Diketahui bahwa sebutan siswa siluman ini adalah sebutan untuk siswa/siswi yang masuk sebagai siswa baru kelas IX di sekolah negeri tanpa mengikuti proses seleksi PPDB. Biasanya, siswa siluman ini akan mengikuti pelajaran tahun ajaran baru setelah beberapa waktu siswa yang resmi diterima PPDB memasuki ajaran baru.

Di Kota Siantar, praktik siswa siluman ini ditemukan di SMAN 3 Siantar. Sekolah yang beralamat di Jalan Pane itu menerima 12 siswa/siswi siluman yang masuk dengan memberikan keterangan tidak mampu dari kelurahan setempat. Ke 12 siswa/siswi tersebut masuk ajaran baru setelah 1 bulan dari siswa baru resmi lainnya.

Sementara itu, di SMAN 6 Siantar terdapat penambahan kuota siswa baru kelas IX yang sangat drastis. Sekolah yang dipimpin Akhyar tersebut menerima 419 siswa baru melalui dua tahap PPDB TA 2016/2017 dengan 10 rombongan belajar (rombel).

Padahal dalam petunjuk teknis (juknis) tersebut PPDB tersebut, SMAN 6 Siantar menerima kuota siswa baru hanya sebanyak 360 orang. Yang mana dalam artian, SMAN 6 Siantar menerima 59 siswa baru yang dari luar kuota PPDB tahun ajaran 2016/2017.

Penulis: ndo. Editor: aan.