HETANEWS

Resmi Dilantik Ephorus HKBP, Ini Pernyataan Darwin Lumbantobing

Taput, hetanews.com - Ribuan jemaat Huria Kristen Batak Protestan (HKBP) dari berbagai daerah menyaksikan pelantikan pucuk pimpinan tertinggi HKBP periode 2016­2020 yang berlangsung dengan ibadah di Kantor Pusat HKBP, Pearaja, Tarutung, Kabupaten Tapanuli Utara (Taput), Minggu (18/9/2016).

Pelantikan Pimpinan HKBP ini merupakan hasil pemilihan dalam Sinode Godang HKBP ke ­63 yang berlangsung 12­17 September lalu di Auditorium HKBP Seminarium, Sipoholon.

Adapun yang dilantik diantaranya Ephorus terpilih Pdt Darwin Lumbantobing, Sekretaris Jenderal (Sekjen) Pdt David Sibuea serta 3 Kepala Departemen dan 30 Praeses.

Prosesi pelantikan Ephorus Darwin Lumbantobing dilakukan oleh Pendeta tertua HKBP, yaitu Pdt Anggiat Purba, juga mendapatkan pengamanan ketat oleh ratusan aparat kepolisian, Tim Jibom Brimob Polda Sumut dan TNI untuk menjaga hal-­hal yang tidak diinginkan.

Ephorus dalam khotbahnya mengambil Amos 8: 4­7, Bila Tuhan telah mengaum siapa yang tidak takut, masalah berkehidupan sosial, masalah keagamaan telah dilecehkan, untuk itu agar kita semua memperbaiki perilaku kita. Bila orang berdosa dihukum Tuhan sah­sah saja, akan tetapi di tengah-­tengah bangsa, Tuhan mengampuni orang berdosa. Karena orang Israel berdosa maka diusir ke tanah Mesir.

“Keadilan kejujuran jangan dihempang dan jangan ditutup-­tutupi. Amos mengatakan carilah Tuhan untuk berbuat yang baik seperti sungai yang mengalir,” kata Darwin Lumbantobing.

Dirinya juga mengucapkan terima kasih kepada seluruh jemaat dan pihak yang telah memberikan kontribusi dan bantuannya sehingga pelaksanaan Sinode Godang HKBP ke­ 63 yang telah berlangsung kemarin berjalan dengan aman dan damai.

“Ini berkat Tuhan yang hadir. Rapat Sinode Godang itu adalah ibadah, karena Tuhan hadir di tengah­tengah kita. Tidak boleh ada unsur lain kecuali kita dan tidak ada yang boleh mengarahkan kita,” imbuhnya.

“Jangan dilecehkan jati diri kita. Kita berharap semua kembalilah ke jalan yang benar sesuai ajaran Tuhan. Yang sudah berlalu biarlah berlalu dan jangan terulang kembali. Kepada seluruh jemaat, marilah kita bersama­sama membenahi dan melayani agar HKBP menjadi berkat bagi dunia,” tegasnya.

Hadir dalam pelantikan pucuk pimpinan HKBP tersebut diantaranya, Bupati Taput Nikson Nababan, Wakil Bupati Mauliate Simorangkir, Bupati Humbang Hasundutan (Humbahas) Dosmar Banjarnahor, Bupati Samosir Rapidin Simbolon serta ribuan jemaat dan sejumlah undangan lainnya.

sumber: medansatu

Editor: aan.