HETANEWS

Karang Taruna Sihiong dan Yayasan Eden Lakukan Gerakan Penghijauan 

Penyerahaan bibit pohon yang diterima pihak SDN 173657 Sihiong. (foto : Maria Sitorus)

Tobasa, hetanews.com-Karang Taruna Desa Sihiong, Kecamatan Bonatua Lunasi, Kabupaten Toba Samosir (Tobasa) bekerjasama dengan Yayasan Eden diketuai Marandus Sirait bekerjasama salurkan dana Corporate Social Responsibility (CSR) penghijauan Bank Sumut di Sekolah Dasar Negeri (SDN) 173657 Sihiong, Sabtu (17/9/2016). 

Bersama Kepala Desa (Kades) Sihiong, Lukman Butar-Butar dan Marandus Sirait selaku Ketua Yayasan Eden, Ketua Karang Taruna Desa Sihiong, Darwin Sinurat didampingi Sekretaris Medi Manurung dan Bendahara, Ariany Manurung, Mekar Sinurat dari alumni, mengadakan penghijauan yang direncanakan secara bertahap di lingkungan SDN 173657 Sihiong.

Darwin Sinurat menerangkan, penghijauan lingkungan merupakan agenda kegiatan Karang Taruna Desa Sihiong. Selain kegiatan penghijauan, pihaknya terus menata Karang Taruna Sihiong menjadi organisasi berdampak positif sebagai mitra pemerintah, khususnya pemerintahan desa.

"Saya berharap dengan melibatkan peserta didik minimal mereka semuanya dapat mengerti dan memahami pentingnya menjaga kelestarian alam sebagai sumber mata air. Sehingga apabila mereka melihat lingkungan yang gersang mereka mengerti itu sebuah preseden buruk yang berdampak membahayakan lingkungan dan masyarakat sekitar. Dengan lingkungan sekolah yang hijau, teduh tentu sejuk dan asri, sehingga anak didik merasa nyaman serta mengundang rasa senang berada dilingkungan sekolah menikmati suasana belajar yang tenang," tukas Darwin.

Ditambahkan, penghijauan ini akan berdampak positif dan hasilnya akan maksimal dirasakan sehingga 5 atau 6 tahun kedepan.Gerakan tersebut juga diyakini untuk kelangsungan hidup anak cucu dimasa mendatang mengingat Indonesia salah satu paru-paru dunia.

Darwin menerangkan, penanaman ini terselenggara berkat dukungan yayadan Eden penyalur dana CSR penghijauan Bank Sumut. "Terima kasih atas dukungan dan kerjasama dari Yayasan Eden, serta dana CSR penghijauan Bank Sumut," Darwin.

Marandus Sirait sebagai pengadaan tanaman dana CSR penghijauan Bank Sumut, juga mengucapkan terima kasih dengan pro aktifnya Karang Taruna Sihiong dalam hal penanaman pohon-pohonan di SDN Sihiong.

"Saya mengapresiasi Karang Taruna Sihiong,kegiatan ini diyakini memberi manfaat bagi kita semua sebagai upaya penghijauan lingkungan," ujar Marandus.

Menurut Kepala Sekolah (Kepsek) SD Sihiong, Rotua Pardede, gerakan penanaman pohon ini memberi contoh yang baik bagi siswa /i sebagai generasi muda bangsa untuk mengkampanyekan pentingnya melestarikan alam.

"Semoga dengan adanya kegiatan gagasan Karang Taruna Desa Sihiong ini masyarakat dan siswa/i mengerti pentingnya kelestarian lingkungan demi mengatasi kerusakan alam," sebutnya.

Rotua menuturkan, saat ini banyak pohon yang ditebang namun tidak ditanam kembali. "Untuk itu saya mengucapkan terima kasih kepada Karang Taruna dan Yayasan Eden yang memberi perhatian untuk penghijauan di lingkungan sekolah," papar Rotua.
 

Penulis: sitorus mel. Editor: aan.