HETANEWS

46 Jembatan di Depok Rusak

Sejumlah aktivis pemerhati sejarah Kota Depok menggelar aksi penyelematan Jembatan Panus. Jembatan ini terancam ambrol| IMAM HAMDI

Depok, hetanews.com - Pemerintah Kota Depok bakal memperbaiki 46 jembatan yang rusak di 11 kecamatan.

Kepala Dinas Bina Marga dan Sumber Daya Air Kota Depok Manto mengatakan pemerintah akan melakukan pemugaran, rehabilitasi, sampai pembangunan jembatan yang rusak tahun ini. "Semuanya sudah dilelang. Akhir tahun kami targetkan perbaikan maupun pembangunannya selesai," kata Manto hari ini, Minggu, 18 September 2016.

Manto menuturkan perbaikan jembatan yang rusak bakal memakan waktu 40-50 hari kerja. Sebagian besar perbaikan jembatan mulai dilakukan Oktober-November 2016. "Perbaikan jembatan sekalian dengan pemeliharaan serta perbaikan jalan," ujarnya.

Di luar jumlah jembatan yang bakal diperbaiki tersebut, tahun ini Depok bakal menganggarkan dana untuk pemeliharaan jembatan bersejarah di Depok, yakni Jembatan Panus. 



Pemerintah Kota Depok, Manto mengatakan, tidak bisa melakukan perbaikan secara menyeluruh karena pembangunan jembatan yang melewati Kali Ciliwung merupakan kewenangan pemerintah pusat. "Tidak bisa Depok yang memperbaiki, nomenklaturnya tidak ada. Depok hanya bisa melakukan pemeliharaan sesuai dengan kebutuhan," ucapnya.

Tahun ini dianggarkan dana pemeliharaan untuk memperbaiki tembok yang roboh dan pengaspalan jalan jembatan sekitar Rp 100 juta. Pihaknya telah melakukan penyelaman ke dasar Jembatan Panus, guna memastikan keamanan konstruksi tiang jembatan yang menancap di Ciliwung. "Kami periksa tidak geroak," ucap Manto.

sumber:tempo.co

Editor: edo.