HETANEWS

Kedatangan jemaah haji kloter I asal Makassar telat 6 jam

hetanews.com - Kedatangan jemaah haji kloter I asal Makassar tertunda hingga enam jam. Semula, mereka akan tiba pada Minggu (18/9) pukul 09.20 WITA, namun kabar terakhir menyebutkan bahwa mereka akan sampai di kota itu sekira pukul 15.30 WITA.

Kepala Bidang Panitia Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) Embarkasi dan Debarkasi Makassar Abdul Wahid menjelaskan, keterlambatan itu dikarenakan lambannya pergerakan jemaah. Selain itu, keterlambatan ini juga terjadi karena padatnya penerbangan.

"Penundaan seperti ini memang selalu terjadi setiap tahun. Apalagi karena lambatnya pergerakan jemaah yang jumlahnya banyak orang itu," kata Abdul Wahid.

Dijelaskannya, ada 450 orang jemaah kloter I yang nantinya tiba di Makassar dengan menggunakan pesawat Garuda Indonesia Airlines nomor Penerbangan 1301. Jumlahnya masih sama saat mereka berangkat, ditambah 5 orang pendamping haji.

Persiapan penyambutan sudah dilakukan sejak pagi tadi. Kata Abdul Wahid, semua tim sudah berada di posisi masing-masing. Baik yang bertugas penjemputan di pesawat maupun di asrama haji Sudiang. Di antaranya tim kesehatan, bea cukai, imigrasi, dam Kementerian Agama (Kemenag).

Para jemaah haji ini nantinya hanya sekira dua jam di asrama haji. Kemudian diserahkan ke pemerintah daerah masing-masing. Selanjutnya PPIH kembali mempersiapkan kedatangan Kloter II yang dijadwalkan besok tiba pukul 16.30 WITA.

sumber: merdeka.com

Editor: edo.