HETANEWS
CITIZEN JOURNALISM

Warga Sondi Raya Sesalkan Pelayanan PDAM Tirta Lihou Tak Profesional

Kantor PDAM Tirta Lihou

Simalungun, hetanews.com - Warga Kelurahan Sondiraya, Kecamatan Raya menyesalkan pelayanan pihak PDAM Tirta Lihou Kabupaten Simalungun yang dipandang profesional.

Hal ini disampaikan sejumlah warga Jalan Jombit ,Sondi Raya, yang mengaku sudah lebih dari dua bulan tidak mendapat pelayanan air bersih dari perusahaan daerah milik Pemkab Simalungun itu.

Dan saat warga memprotes, justru jawaban dari pegawai PDAM Tirta Lihou Unit Sondi Raya menyebutkan, adanya pemindahan pipa air dari lama ke yang baru. Sebabnya pipa yang sudah lama kondisinya sudah banyak yang bocor.

Ternyata saat pipa air yang baru telah terpasang hak konsumen sebagian warga malah diabaikan. Yakni pemasangan pipa saluran ke sejumlah rumah warga tak juga kunjung dikerjakan, bahkan disinyalir dilupakan.

Sementara warga Kelurahan Sondi Raya yang notabene sebagai konsumen sudah barang tentu membutuhkan air dimaksud, akan tetapi menunggu perhatian pihak PDAM dimaksud malah dipandang cuekin.

Kesal dengan perlakuan tersebut, warga pun akhirnya menemukan rembesan air dari badan jalan aspal yang melintas di wilayah itu. Sehingga sumber rembesan berasal dari pipa PDAM yang baru tertimbun di bawah pinggIr badan jalan itu pun kemudian digali.

Akhirnya warga membuat kubangan di badan jalan aspal yang menuju ke Nagori Siporkas itu menyerupai bak mata air. Dan warga sekitar memanfaatkan sari pipa yang bocor itu sebagai mata air untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari.

Sempat pihak PDAM berniat menutup mati kembali pipa yang bocor tersebut, namun warga pun kemudian berupaya mencegahnya. Saat warga meminta pertanggung jawaban pihak dari PDAM yang seharusnya kembali memperbaiki pipa saluran ke rumah warga, justru salah seorang oknum pegawai PDAM kabarnya meminta uang sebesar Rp 500 ribu per Kepala Keluarga (KK).

“Itu sebagai upah kerjanya menyalurkan kembali pada pipa saluran yang menuju ke sejumlah rumah konsumen.,” ucap salah seorang warga yang ditemui hetanews, Jumat (16/9/2016).

Penulis: dicky. Editor: aan.