Humbahas, hetanews.com - Empat unit mobil puskesmas keliling (pusling) milik Dinas Kesehatan (Dinkes) Humbang Hasundutan (Humbahas) yang ditampung di Dana Alokasi Khusus ( DAK ) dari pemerintah pusat telah tiba pada tanggal 21 Juli lalu.

Mobil itu dibagikan di empat kecamatan, yakni Kecamatan Pollung, Lintong Nihuta, Paranginan dan Baktiraja. Namun hingga Rabu (14/9/2016) hasil pemeriksaan terhadap ke empat unit mobil tersebut belum dilaporkan ke Inspektorat Humbahas.

''Hingga hari ini kita belum menerima hasil pemeriksaan juga kontrak pengadaan empat unit mobil pusling tersebut,” ujar Kasi Pengawas Pemerintah Bidang Bangunan Irban Wil III, Josua Sinaga pada hetanews.

Disinggung bagaimana pihak Inspektorat memeriksa mobil tersebut tanpa memegang berkas sesuai kontrak, Josua mengaku hanya memeriksa begitu saja.

“Yah kita hanya memeriksa begitu saja tanpa memegang kontrak. Pasalnya mereka belum memberi kontrak kepada kami. Cobalah dulu tanya mereka, kenapa belum mengantar hasil pemeriksaan dan kontrak mobil tersebut,” tukas Josua.

Terpisah, beberapa staf Dinkes Humbahas ketika ditanya siapa Pejabat Pembuat Komitmen (PPK) pengadaan mobil pusling itu, tak satu pun tidak tau siapa. “Kita tidak tau siapa PPK nya, coba tanya ke ruangan Tata Usaha,” sebut beberapa staff Dinkes.

Saat ditanya ke Tata Usaha Dinkes, beberapa staf juga mengatakan hal yang sama. “Kita tidak tau siapa PPK nya, coba tanya yang lain,” sebut mereka.

Sementara PPK Teopulus Aritonang yang tiba-tiba masuk ruangan ketika dikonfirmasi mengatakan lupa. “Aduh saya lupa mengantarnya, mungkin besok saya akan kesana untuk mengantar laporan tersebut,'' tukas Teopulus yang langsung keluar ruangan.