HETANEWS

Pengurus Karang Taruna Desa Pangombusan Dilantik

Erwin Sitorus Ketua Karang Taruna Kecamatan Parmaksian (baju putih) bersama sejumlah OKP. (foto : Maria Sitorus)

Tobasa, hetanews.com - Ketua Karang Taruna Kecamatan Parmaksian, Kabupaten Toba Samosir (Tobasa), Erwin Sitorus melantik pengurus Karang Taruna Sehati Desa Pangombusan, kemarin.

Sekitar ribuan massa yang hadir menyaksikan pelantikan pengurus Karang Taruna Desa Pangombusan ,mengapresiasi sejumlah kegiatan dan kebijakan wadah organisasi kepemudaan mitra pemerintahan ini.

Erwin Sitorus mengatakan, pelantikan Karang Taruna Desa Pangombusan ini merupakan langkah awal dalam mewujudkan kebersamaan generasi muda khususnya Kacamatan Parmaksian mendukung program kerja nyata dalam upaya memajukan destinasi pariwisata Danau Toba

Beragam kegiatan yang digelar pada acara pelantikan Karang Taruna Desa Pangombusan di Lapangan Dusun Lumban Sibuea. Kegiatan pelantikan dilanjutkan dengan pesta peresmian pelantikan pengurus Karang Taruna terlantik dikemas ala adat tradisional Batak Toba bertajuk Gondang Naposo dan berbagai acara lainnya.

Dalam kata sambutannya, Erwin mengajak pengurus yang baru dilantik beserta seluruh hadirin agar berbenah mewujudkan program kerja nyata, sebagai mitra pemerintah hendaknya Karang Taruna mampu menjadi wadah bermanfaat bagi masyarakat. “Karang Taruna harus berbuat dan tunjukkan kerja nyata,jangan seusai pelantikan lantas pasif dan tidak eksis,” sebutnya.

Dia menuturkan, kehadiran Karang Taruna harus mampu memotori kegiatan yang berpihak pada kepentingan masyarakat, bukan golongan tertentu yang menzolimi kepentingan masyarakat banyak.

“Harapan saya Karang Taruna Desa Pangombusan bisa menjadi mitra pemerintahan khususnya desa,memotivasi sikap kebangsaan,membangkitkan semangat kenegaraan terutama menjalin kebersamaan dan kekeluargaan sesama warga Desa Pangombusan khususnya , Indonesia pada umumnya,” ujar Erwin.

Menurut Erwin, pelantikan ini terlaksana secara swadaya melalui sikap gotong royong kebersamaan dengan motto dari kita untuk kita oleh kita dibantu tim panitia dan seluruh masyarakat Desa Pangombusan.

Khusus untuk panitia pesta perayaan pelantikan pengurus Karang Taruna Desa Pangombusan, Erwin memberi apresiasi tinggi. Dirinya mengajak agar seluruh kawula muda, masyarakat tetap merenda kebersamaan, menyusun kekuatan guna menjadikan Kecamatan Parmaksian bebas dari perbudakan ekonomi dan hak azasi sebagai masyarakat pribumi.

Pernyataan Erwin disambut dengan aplause oleh sekitar ribuan simpatisan yang hadir pada pelantikan Karang Taruna Desa Pangombusan

Sementara itu Pelaksana Tugas (Plt) Camat Parmaksian ,Ponimen Butar Butar mengapresiasi kesatuan dan sikap gotong royong Karang Taruna Kecamatan Parmaksian dan Desa Pangombusan secara khusus. Dirinya menghimbau agar para generasi muda yang bergabung dalam wadah Karang Taruna menjadi generasi yang inspirator, memiliki sikap leadership dan berwawasan luas.

“Kita sebagai mitra akan tetap mampu menjadi kekuatan yang kokoh, menjadi pilar jika bersatu dalam mewujudkan program kerja nyata seperti yang diutarakan Ketua Karang Taruna Parmaksian Erwin Sitorus,” kata Ponimen.

Hal senada diungkapkan Kepala Desa (Kades) Pangombusan mengapresiasi serta mendukung penuh kegiatan Karang Taruna setempat yang dikenal selama ini sebagai mitra pemerintah desa. “Kita mengapresiasi dan mendukung kegiatan ini, karena Karang Taruna Desa Pangombusan selain aktif juga kreatif,” paparnya.

Sementara itu masyarakat Desa Pangombusan memuji peran Karang Taruna Kecamatan Parmaksian selama ini. Mereka menilai, organisasi Karang Taruna dari tingkat kecamatan hingga desa menjadi motor penggerak kegiatan di lapisan masyarakat untuk kegiatan yang sifatnya positif.

Karang Taruna Parmaksian juga selalu bersinergi dengan pemerintah dan masyarakat,terlebih dalam masalah sosial seperti kegiatan sosial, kemasyarakatan dan aspek lainnya.

"Kiranya kedepan Karang Taruna Parmaksian dan Desa Pangombusan semakin meningkatkan sinergi dengan pemerintah dan bersatu padu menjalin kekeluargaan, serta mempererat tali persaudaraan dengan masyarakat seperti selama ini,” sebut warga marga Situmorang dan Sibuea diamini sejumlah warga lainnya.

Penulis: sitorus mel. Editor: aan.