HETANEWS.COM

Bupati Sergai dan Wakajatisu Jajal Arus Menantang Sei Bah Bolon

Bupati Sergai, Soekirman bersama Wakajatisu Baginda Polin Lumbangaol menikmati arum jeram Sungai Sei Bah Bolon.

Sergai, hetanew.com - Sungai Sei Bah Bolon di Kecamatan Sipispis kaya akan potensi sungai yang memiliki karakteristik unik dan mendukung sebagai sebagai lokasi olahraga arus deras (arung jeram) mampu mendongkrak serta mengangkat tingkat destinasi kunjungan wisatawan di Kabupaten Serdang Bedagai (Sergai).

Jeram Sei Bah Bolon terkenal dengan grade II dan III, bahkan juga sungai sepanjang 16 km ini terkenal dengan Green Canyon-nya Sumatera Utara (Sumut).

Hal Ini dikemukakan Bupati Sergai, Soekirman ketika membuka acara Eksebisi Arung Jeram 2016 bersama Wakil Kepala Kejaksaan Tinggi Sumatera Utara (Wakajatisu) Baginda Polin Lumbangaol yang dilaksanakan di sepanjang aliran Sei Bah Bolon Desa Buluh Duri, Kecamatan Sipispis, akhir pekan lalu.

Soekirman yang juga merupakan Ketua Pengda FAJI Sumut itu juga optimistis, bahwa semakin bergairah membina olah raga ketangkasan arung jeram di Sumut. Pada Pekan Olahraga Nasional (PON) ke-XIX di Bandung, Jawa Barat, olahraga arung jeram terpilih menjadi salah satu cabang olahraga eksibisi.

Masyarakat Kabupaten Sergai juga patut berbangga karena anak-anak Sergai menjadi atlet yang turut membawa nama Provsu di ajang nasional tersebut.

Gaung olahraga arung jeram Sei Bah Bolon saat ini telah menjadi daya tarik dan kalender rutin kunjungan wisatawan daerah lain bahkan mancanegara.

Kehadiran Wakajatisu bersama jajarannya menjajal adrenalin menantang arus deras Sei Bah Bolon ini dipaparkan Soekirman menjadi bukti arung jeram Sei Bah Bolon memiliki keunikan tersendiri. Sebagai apresiasi atas kunjungan Wakajatisu ini, Pemkab Sergai memberikan penghargaan dengan menamakan salah satu track/jalur dengan nama “Track Wakajatisu”.

Kecamatan Sipispis yang terkenal dengan Sumber Daya Alam (SDA) nya seperti produksi tanaman diantaranya buah duku dan durian, dengan kehadiran pariwisata arung jeram menjadi tambahan nafas kehidupan masyarakat di kecamatan ini dalam meningkatkan perekonomiannya.

Untuk itu, kedepannya harus dilakukan upaya kegiatan yang produktif maupun kerjasama stakeholder sebagai peningkatan membangun desa, salah satunya melalui pariwisata arung jeram ini.

“Oleh karena itu diminta kepada seluruh elemen masyarakat kabupaten Sergai untuk menjaga seluruh potensi desa baik SDA maupun SDM nya terkhusus sumber daya pariwisata,” pungkas Soekirman

Wakajatisu menyampaikan rasa terima kasih atas sambutan luar biasa oleh Bupati Sergai dan jajaran Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) nya. Ekspedisi arung jeram yang dilakukannya bersama Bupati Sergai menjawab rasa keingintahuanya tentang jalur arung jeram Sei Bah Bolon ini dan tantangan arus liarnya ini terbukti setelah menjajalnya.

“Dengan pengelolaan baik dan rasa kebanggaan masyarakat untuk memasyarakatkan pariwisata arung jeram Sei Bah Bolon ini, niscaya dapat mempromosikan arung jeram sehingga bisa dikenal masyarakat luas bahkan dunia,” ujar Wakajatisu.

Turut hadir pada acara itu, Kajari Sergai Erwin Panjaitan, Kajari Tebingtinggi Fajar Rudi Manurung beserta jajaran Adhi Yaksa Sergai dan Tebingtinggi, Wabup Darma Wijaya, Sekdakab Hadi Winarno, Asisten Pemerintahan Umum Drs. Ramses Tambunan, para Kepala SKPD, Camat dan Muspika Sipispis dan jajaran Ikatan Alumni SMA Negeri 1 Tebingtinggi

Penulis: aguswan. Editor: aan.

Daftarkan diri Anda sebagai anggota Heta News untuk selalu mendapatkan buletin berita populer langsung di kotak surat elektronik Anda!

Berlangganan

Daftarkan diri Anda sebagai anggota Heta News untuk selalu mendapatkan buletin berita populer langsung di kotak surat elektronik Anda!

Berlangganan