HETANEWS.COM

Hadi Winarno Dilantik Jadi Sekdakab Sergai

Bupati Soekirman saat memberikan ucapan selamat kepada Hadi Winarno.

Sergai, hetanews.com - Sejumlah Pejabat Pimpinan Tinggi Pratama dan Administrator Aparatur Sipil Negara (ASN) di lingkungan Pemkab Serdang Bedagai (Sergai) yang baru dilantik diminta harus bekerja keras, berikan sumbangsih ilmu pengetahuan yang dimiliki dengan mampu menyiapkan program kerja secara kongkrit bukan hanya sebatas strategi diatas kertas belaka.

Harus memahami tugas pokok dan fungsi (tupoksi) nya dengan menghasilkan output kepada masyarakat dan pembangunan daerah ini kedepannya, khususnya dapat mengimplementasikan membangun dengan berkonsentrasi memperkuat daerah pinggiran, berdayakan secara merata semua potensi yang dimiliki wilayah-wilayah desa di Kabupaten Sergai.

Permintaan ini disampaikan Bupati Soekirman dalam sambutannya usai melantik dan mengambil sumpah jabatan sebanyak 45 orang pejabat, diantaranya 20 orang Pejabat Pimpinan Tinggi Pratama dan 25 orang Pejabat Administrator di jajaran Pemkab Sergai bertempat di aula Kantor Desa Sei Rejo Kecamatan Sei Rampah, Jumat (26/8/2016).

Dari 20 orang Pejabat Tinggi Pratama sebanyak 5 orang naik jabatan atau promosi diantaranya yakni Hadi Winarno yang sebelumnya menjabat sebagai Asisten Perekonomian, Pembangunan dan Sosial (Ekbangsos) diangkat menjadi Sekretaris Daerah Kabupaten (Sekdakab) Sergai. Kemudian Dimas Kurnianto dari jabatan lamanya sebagai Camat Sei Rampah diangkat menjadi Kepala Badan Pemberdayaan Masyarakat dan Pemerintahan Desa (BPMPD).

Lalu Kaharuddin diangkat menjadi Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) yang sebelumnya sebagai Sekretaris Bappeda, sedangkan Kadis Pertanian dan Peternakan (Distannak) dijabat oleh Syafrial Budi sebelumnya sebagai Sekretaris pada Distannak dan Sri Wahyuni Pancasilawati, SP sebagai Pj Kepala Dinas Perikanan dan Kelautan (Diskanla).

Sementara itu untuk 25 orang pejabat Adiministrator yang mendapatkan promosi jabatan antara lain Esdin Damanik SE sebagai Pj Camat Kotarih, lalu Panisen Tambunan sebagai Pj Kepala Bagian (Kabag) Organisasi, Rudy Edwin Siregar mengisi jabatan sebagai Sekretaris Bappeda.

Selanjutnya Nanda Satria sebagai Direktur RSU Sulaiman, kemudian Searca Agung Nugroho diangkat Pj Kabid Kebudayaan dan Kesenian Dinas Pariwisata, Kebudayaan, Pemuda dan Olah raga (Disparbudpora) dan Romian Parulian Siagian sebagai Pj Kabid Pemerintahan Desa dan Kelurahan pada BPMPD.

Dijelaskan Soekirman, bahwa pelantikan ini sebagai suatu momentum dan sejarah baru bagi Kabupaten Sergai, karena para Kepala SKPD yang dilantik merupakan hasil mekanisme pelaksanaan seleksi secara terbuka pada bulan Juni lalu sesuai ketentuan Undang-Undang (UU) Nomor 5 Tahun 2014 tentang Aparatur Sipil Negara (ASN) yang mewajibkan untuk pengisian jabatan tinggi pratama harus dilakukan secara terbuka dikalangan ASN.

Pelaksanaan seleksi secara terbuka ini menurutnya mengacu kepada Peraturan Menpan dan RB tentang Tata Cara Pengisian Jabatan Pimpinan Tinggi Secara Terbuka di lingkungan instansi pemerintah.

Untuk itu kepada para kepala SKPD yang mendapat promosi jabatan, Soekirman juga mengingatkan agar serius membangun kebersamaan (team work) serta menghilangkan ego sektoral, setiap aparatur di daerah ini merubah cara berpikir (mindset) bekerja buat kepentingan masyarakat.

Soekirman juga menghimbau para pejabat yang dilantik bukan hanya mengisi kekosongan jabatan semata melainkan harus memikul tanggung jawab terhadap kinerja keseluruhan staf yang dipimpinnya, sebagai pimpinan wajib responsif dan tanggap terhadap segala bentuk perubahan yang terjadi ditengah masyarakat.

Penulis: aguswan. Editor: aan.

Daftarkan diri Anda sebagai anggota Heta News untuk selalu mendapatkan buletin berita populer langsung di kotak surat elektronik Anda!

Berlangganan

Daftarkan diri Anda sebagai anggota Heta News untuk selalu mendapatkan buletin berita populer langsung di kotak surat elektronik Anda!

Berlangganan