HETANEWS

Ternyata Siantar Miliki Atlit MMA

Atlit MMA asal Siantar, Reno Arizona Nasution. (foto : Lazuardy Fahmi)

Siantar, hetanews.com - Kota Siantar ternyata memiliki atlit  berbakat di bidang olahraga yang berbau kekerasan fisik  yakni Mixed Martial Art (MMA) atau sering disebut tarung dengan gaya bebas. Dia adalah Reno Arizona Nasution dengan nama panggilan di ring ‘Reno Kobra Arizona Nasution’.

Pria yang lahir 28 tahun lalu di Kampung Melayu dan saat ini tinggal di Jalan Melur, Kelurahan Simarito Kecamatan Siantar Barat ini mengawali debutnya di MMA bermula dari kecintaannya bermain tinju sejak Sekolah Menengah Pertama (SMP) hingga Sekolah Menengah Atas (SMA). Dan dia sewaktu SMA di tahun 2002 memenangkan Piala Wali Kota. Selain tinju, Reno juga sebagai pelatih olahraga beladiri Muaythai. Dari sini lah dia (Reno) mengenal olahraga MMA.

Menurut Reno, dulunya sesama atlit tinju dari Siantar mengambil keputusan untuk meninggalkan daerah itu karena kurangnya perhatian dari pemerintah daerah kepada atlit. “Saya berangkat ke Jakarta dan mengenal Muaytahi. Sejak itu lah saya kenal olahraga MMA,” kata Reno, Jumat (26/8/2016).

Ini bermula, pada saat teman Reno mengenalkan olahraga MMA melalui media sosial (medsos). “Awalnya dikirimin kawan melalui Facebook (FB) terus nonton dari youtube, jadi coba-coba lah,” sebutnya.

Ternyata keputusan Reno berbuah hasil, dirinya berhasil menjuarai Indonesian Baddas Champion (IBC) saya bermain di Solo bertanding di kelas 61,5 kg, sementara lawannya dari Thailand. “Waktu itu masih dianggap ilegal pertandangannya, belum dilegalkan,” cerita Reno.

Tahun ini Reno mendapatkan tawaran untuk ikut bermain di MMA yang diselenggarakan oleh Komite Badan Olahraga Indonesia (KOBI) yang ditayangkan di salah satu TV nasional.

Awal kariernya, Reno mengalami kekalahan. “Kalahnya bukan KO atau TKO, Tapi Tape Out (TO) atau istilahnya sewaktu saya dipiting tak bisa lepas melawan Sudirman Akbar dari Kalimantan. Pertandingannya waktu itu bulan April,” paparnya.

Reno mengatakan, dalam waktu dekat dirinya akan kembali bertanding pada tanggal 10 September mendatang. “Persiapannya semakin giat latihan, berenang dan menurunkan berat badan. Lari minimal 10 km pada pukul 12.00 WIB dan 15.00 WIB dan jam 3 sore. Nge gym dan makan buah,” jelasnya.

Namun bapak dua anak ini mengungkapkan, dirinya tidak mendapat perhatian sedikit pun dari Pemko Siantar. Reno selalu menggunakan dana pribadi ketika mengikuti kompetisi. Begitu pun, Reno tetap akan mengharumkan nama Kota Siantar di kancah olahraga MMA.

“Harapa saya ada perhatian Pemko Siantar. Karena dalam mengikuti kompetisi ini, saya membawa nama Siantar. Selama ini saya memang menggunakan uang pribadi dalam mengikuti kompetisi ini. Sampai sekarang pun, saya belum mempunyai sponsor. Mudah-mudahanlah saya bisa mengharumkan nama Siantar lewat kompetisi ini,” imbuhnya dengan tersenyum.

Penulis: tom. Editor: aan.