HETANEWS

Bank Indonesia Gelar Sosialisasi SID

Kepala Perwakilan BI Pematangsiantar, Elly Tjan (pakai kacamata) didampingi para pejabat lainnya. (foto : Tommy Simanjuntak)

Siantar, hetanews.com - Bank Indonesia (BI) menyelenggarakan sosialisasi dan evaluasi Sistem Informasi Debitur (SID) di Wilayah Kerja Kantor Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Sumatera Utara yang berlangsung di Gedung BI, Kota Siantar, Selasa (23/8/2016)

Kepala Perwakilan BI di Pematangsiantar, Elly Tjan menjelaskan, secara singkat apa fungsi dari SID yang dikelola oleh BI.

Menurutnya SID ini merupakan sistem yang dibangun untuk melihat riwayat seseorang dalam menggunakan fasilitas transaksi di perbankan.

"SID merupakan sistem yang masih dikelola oleh BI. Masyarakat menyebut SID ini sebagai BI Cheking. Namun kita harus tau bahwa yang mengupdate data debitur di suatu bank adalah bank-bank yang memberikan masyarakat untuk meminjam,” ujarnya.

Elly menuturkan, bahwa BI hanya mengelola data dari SID untuk bahan membuat kebijakan perekonomian negara. Data dari SID ini nanti diperlukan untuk kebijakan perekonomian, misalnya untuk kebijakan moneter. “Kadang dipergunakan juga untuk data bagi penegak hukum seperti Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK)," ujarnya.

Ia menjelaskan bahwa SID ini murni untuk mempermudah debitur untuk memperoleh pinjaman. "Perlu dicatat yah SID bukan untuk mempersulit. Tapi untuk mempermudah," ujarnya.

Dari data BI, jika pelapor dalam SID ini terdapat 118 Bank Umum dengan kantor cabang 3633, 1395 Bank Perkereditan Rakyat (BPR), dengan kantor cabang 2989 dan 33 perusahaan pembiayaan.

Penulis: tom. Editor: aan.