HETANEWS

Besok Word Musik Toba Caldera Digelar di Baktiraja Humbahas.

Para peserta Word Musik Toba Caldera saat berlatih. (foto : Akim Purba)

Humbahas,hetanews.com - Word Musik Toba Caldera yang menampilkan musik tradisional mengelilingi Danau Toba selama 7 hari dimulai Senin (22/8/2016) ari Kabupaten Samosir dan besoknya, Selasa (23/8/2016) di Baktiraja, Kabupaten Humbang Hasundutan (Humbahas).

Pada pelaksanaanya peserta menggunakan musik tradisional seperti gong, kecapi, monsak (seni Silat Batak), seruling dan paduan suara  dan pegelaran musik tradisional lainya juga ditampilkan.

Pihak Word Musik Toba Caldera melalui Fuji Simamora kepada hetanews menjelaskan, untuk wilayah Humbahas akan dipusatkan di Sekolah Menengah Pertama Negeri (SMPN)1 Baktiraja .

“Kegiatan seperti ini akan terus dikembangkan untuk kelangsungan seni di Humbahas, khususnya pelestarian seni tradisional Batak yang harus dijaga dan dikembangkan

Kegiatan ini terlaksana atas kerjasama pemerintah daerah (pemda) bersama dengan Orsepdo Doloksanggul, LWG Humbahas, Yayasan Pelestarian Musik Batak dan Sanggar Seni Bakkara.

Sementara itu Kepala Bidang (Kabid) Pariwisata Pemkab Humbahas, Nelson mengaku bangga atas kegiatan tersebut dan berharap ini dapat menjadi motivasi bagi masyarakat. “Ini khususnya kepada kawula muda Humbahas agar lebih mencintai musik tradisional di Humbahas,: sebut Nelson.

Penulis: akim. Editor: aan.