HETANEWS

17 Napi Lapas Siantar Bebas di Hari Kemerdekaan

Pelaksanaan upacara HUT Kemerdekaan di Lapas Siantar. (foto : Tumpal Tanjung).

Simalungun, hetanews.com - Sebanyak 521 orang narapidana (napi) Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Klas II A Pematangsiantar, mendapat remisi pada Hari Ulang Tahun (HUT) Kemerdekaan 17 Agustus.

Kepala Lembaga Pemasyarakatan (Kalapas) M Sukardi Sianturi melalui staffnya, Jonliharman mengatakan, remisi yang diusulkan tercatat mulai satu hingga enam bulan lamanya.

"Sebanyak 521 napi yang diusulkan, namun baru 390 orang yang sudah kita terima Surat Keputusan (SK) nya," kata Jonliharman, Rabu (17/8/2016).

Ia menambahkan, jumlah warga binaan pemasyarakatan saat ini tercatat berjumlah 1220 orang. Di mana 47 orang diantaranya merupakan warga binaan perempuan.

"Tidak semua diberikan remisi kepada warga binaan. Mereka yang diusulkan (remisi) hanya berstatus napi, sudah menjalani masa kurangan 6 bulan lebih serta berkelakuan baik," ujar Jonliharman.

Lebih lanjut dirinya mengatakan, pada HUT Kemerdekaan tahun ini sebanyak 17 orang napi bebas.

Terpisah, Kepala Lembaga Pengamanan Pemasyarakatan (KPLP) Batara Hutasoit menuturkan jumlah petugas keamanan sangat minim, yakni 35 orang.

"Jumlah keseluruhan pegawai lapas 79 orang. Dari jumlah itu sangat jauh dibanding dengan jumlah warga binaan," sebut Batara.

Menurutnya, jumlah pegawai pengamanan yang tidak sebanding itu, sudah diusulkan ke Kantor Wilayah (Kanwil) Kementrian Hukum dan HAM (Kemenkumham) agar ditambah. "Sudah kami usulkan untuk penambahan petugas keamanan sebanyak 40 orang," katanya.

Sebelumnya, Lapas Klas II A Pematangsiantar yang berlokasi di Jalan Asahan,  Kecamatan Siantar, Kabupaten Simalungun itu melaksanakan upacara HUT RI ke 71.

Penulis: bt. Editor: aan.