HETANEWS

KPUD Tebingtinggi Gelar Launching Pilkada 2017

Wali Kota Umar Zunaidi Hasibuan didampingi Ketua KPU Sumut Mulia Banurea, Kapolres AKBP Ciceu Cahyati memukul gong pada Launching Pilkada Tebingtinggi tahun 2017.

Tebingtinggi, hetanews.com - Komisi Pemilihan Umum Daerah (KPUD) Kota Tebingtinggi menggelar lauching penyelenggaraan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) yang rencananya akan di gelar 15 Februari 2017.

Acara dibuka  Wali Kota Tebingtinggi, Umar Zunaidi Hasibuan didampingi Ketua KPU Sumut, Mulia Banurea, bertempat di Gedung Olahraga (GOR) Marah Halim, Jalan Thamrin, Kota Tebingtinggi, Selasa (2/8/2016).

Dalam acara itu juga hadir Komisioner KPU Sumut Yulhasni, Kapolres Tebingtinggi AKBP Ceceu Cahyati, Danramil 13 Tebingtinggi Kapten Salehan, ratusan pemilih pemula dan unsur pengurus partai politik (parpol).

Mulia Banurea mengatakan dalam sambutannya, menyambut baik launching ini, di mana penyelengaraan merupakan tanggungjawab bersama baik KPU dan masyarakat Tebingtinggi.

“Kita berharap semuan unsur baik masyarakat, Muspida dan kepala daerah untuk mensukseskan Pilkada berjalan secara demokratif, sehingga tiada ada benturan setelah terpilihnya Wali Kota dan Wakil Wali Kota terpilih. KPU harus bertugas secara profesional, tugas tahapan dilaksanakan sesuai dengan Undang-Undang (UU),” katanya.

Dikatakan Mulia, penyelenggara harus bekerja secara transparan, sampaikan kepada publik seluruh tahapan penyelenggaraan Pilkada supaya tidak ada keburukan yang disimpan.

“Secara kelembagaan mempunyai tugas pokok dan fungsi (tupoksi) melayani masyarakat, siapa yang datang pasangan calon datang ke KPU, melayani secara administrasi, baik dalam bentuk apapun dalam Pilkada serentak,” paparnya.

Mulia juga berpesan, jika ada penyelenggara pemilu yang coba-coba memihak, laporkan pada Dewan Kehormatan Penyelenggara Pemilu (DKPP) dan siapa mendukung salah satu calon akan diberikan sanksi tegas.

Wali Kota Umar Zunaidi Hasibuan mengatakan, masyarakat Tebingtinggi telah dewasa dan mengerti tentang Pilkada, sehingga ini nantinya diharapkan bisa berjalan secara kondusif.

“Launching ini dikemas secara baik, ini awal kita informasikan kepada masyarakat akan ada Pilkada. Kalau pemilih belum ada namanya terdaftar di Daftar Pemilih Sementara (DPS), harus menyampaikan ke KPU. Kita harapkan Pilkada ini berjalan secara berintegritas dan bermartabat, uang dari masyarakat harus dimanfaatkan dengan sebaik-baiknya dan tidak membawa keributan serta perpecahan,” terang Umar.

Dirinya berkeyakinan KPU Tebingtinggi bisa bekerja sesuai dengan UU yang berlaku. Umar harapkan Pilkada berjalan damai dan tidak boleh menjadi provokator, melainkan inisiator untuk mewujudkan pesta demokrasi itu sesuai UU.

“Kami berharap Panitia Pengawas Pemilihan (Panwaslih) dan Penegakan Hukum Terpadu Pemilihan Umum (Gakumdu) untuk mengawasi pelaksanaan Pilkada sesuai UU,” terangnya.

Di akhir acara, KPU Tebingtinggi juga memperkenalkan maskot Pilkada i yang diberi nama ‘Si Lemang’. 

Penulis: steven. Editor: aan.