HETANEWS.COM

5 Anggota Pramuka SMPN 4 Siantar Ikuti Jambore Nasional

Pembina dan peserta Jamnas Pramuka dari SMPN 4 Siantar. (foto.: Armeindo Sinaga)

Siantar, hetanews.com - Sebanyak 5 orang anggota pramuka gugus depan (gudep) 01031-01032 Sekolah Menengah Pertama Negeri (SMPN) 4 Siantar akan berangkat untuk mengikuti Jambore Nasional (Jamnas) Pramuka di Bumi Perkemahan Cibubur, 14-21 Agustus 2016.

Kelima anggota pramuka itu yakni Raihan P Erlangga dari kelas IX-5, Diovan K Simbolon (kelas IX-7), Alif Akbar Saragih (kelas IX-1), Wurianti Sarah (kelas IX-7) dan Annisa Tri Mawaried (kelas) IX-13.

Raihan, ketika berbincang-bincang dengan hetanews mengatakan, mereka telah melakukan persiapan untuk Jamnas pada sekitar bulan April - Mei lalu. Dalam persiapan itu, mereka diajarkan dalam bidang mental, fisik, skill, kerjasama tim karena dari gudep lain bersatu dan peralatan yang mau dibawa.

"Diajarkan juga mendirikan tenda. Karena berbeda yang biasa kita pakai pada Jamnas nanti. Untuk Jamnas, orangtua jelas mendukung apalagi biaya dari orangtua," katanya, Selasa (2/8/2016).

Mereka akan berangkat dari Siantar pada tangga 9 Agustus. Dari Siantar, kontingen berjumlah 32 orang, dengan rincian 16 putra dan 16 putri. Selama persiapan, mereka latihan di sanggar pramuka Kwarcab Siantar dan SMPN 1 Siantar.

"Dalam latihan ya jelas harus adaptasi dan bersosialisasi dengan teman dari gudep yang lain. Kini kami semua sudah akrab. Sekolah mendukung karena pembina juga bangga ada utusan dari SMPN 4 Siantar. Kini kami telah siap untuk berangkat. Hari Jumat (5/8/2016) ini akan diberangkatkan Penjabat (Pj) Wali Kota Siantar, Jumsadi Damanik di Balai Kota," sebutnya.

Dengan mengikuti Jamnas, Raihan berharap bisa sosialisasi dengan kontingen lain dan menambah lebih banyak teman. Bisa berjumpa dengan Kakwarnas. Kemudian bisa lebih unggul daripada yang tidak mengikuti Jamnas serta berbagi dan menceritakan pengalaman apa yang didapat, sehingga semoga pramuka semakin diminati dan semakin jaya.

Sementara itu, Afrizal Syahputra Lubis selaku pembina pramuka SMPN 4 Siantar merasa bangga karena dari gudep 01031-01032 SMPN 4 Siantar dapat memberangkatkan 5 orang peserta Jamnas.

Dirinya berharap, semoga dengan adanya perwakilan ke Cibubur menjadi motivasi dan inspirasi bagi siswa-siswi di SMPN 4 Siantar terkhusus anggota pramuka di SMPN 4 Siantar.

"Saya berharap semoga nantinya peserta Jamnas yang dikirimkan mewakili SMPN 4 Siantar dapat benar-benar mengikuti kegiatan di sana dengan baik, agar nantinya ilmu yang mereka dapatkan dapat dibagi dengan anggota pramuka.  Apalagi mereka peserta Jamnas nantinya akan merayakan Hari Ulang Tahun (HUT) Pramuka beserta 17 Agustus bersama secara nasional," kata Afrizal.

Ia menilai pastinya banyak kesan dan pesan yang didapatkan, serta bisa dibagikankepada seluruh anggota pramuka agar terus berlatih dan belajar agar kelak ilmunya digunakan di masa mendatang.

Penulis: ndo. Editor: aan.

Daftarkan diri Anda sebagai anggota Heta News untuk selalu mendapatkan buletin berita populer langsung di kotak surat elektronik Anda!

Berlangganan

Daftarkan diri Anda sebagai anggota Heta News untuk selalu mendapatkan buletin berita populer langsung di kotak surat elektronik Anda!

Berlangganan

Aplikasi Heta News sudah tersedia di Google Play Store. Silakan pasang di ponsel pintar Anda!