Labuhanbatu, hetanews.com - Lurah Negeri Lama, Kecamatan Bilah Hilir, Kabupaten Labuhan Batu, Hulwi mengeluarkan statemen keras kepada pimpinan dua bank pemerintah yang berada di wilayah tugasnya.

Pasalnya pimpinan kedua bank tersebut yakni Bank Mandiri dan Bank BRI pasang bendera merah putih 24 jam termasuk hari Minggu dan libur lainnya dinilai tidak sesuai aturan.

Hal itu diungkapkan Hulwi disela-sela acara halal bihalal sekaligus arisan para kepala desa (kades) dan lurah di kediaman Lurah Negeri Baru, Maimurni, Minggu sore (24/7/2016) dihadiri Ketua Asosiasi Pemerintah Desa (Apdesi) Labuhanbatu, M Asmui dan para kades lainnya.

Menurutnya, hal ini dianggap terkesan mengabaikan perjuangan para pahlawan bangsa ini mulai dari  mengusir penjajah Belanda dan Jepang, jaman kemerdekaan, agresi militer serta berbagai pemberontakan dalam negeri.

“Pimpinan kedua bank itu para sarjana tetapi sikap kepemimpinanya tidak dapat dicontoh dan ditolerir, kesannya hanya provid oriented (mencari keuntungan),” tegas Hulwi.

Dia mengatakan, pihaknya sudah pernah melakukan teguran kepada kedua bank tersebut secara langsung melalui stafnya pada saat mengurus administrasi. “Tolong bendera itu dikibarkan sesuai aturan, setelah itu baru kuteken surat-surat ini, namun tak digubris juga, hal ini juga sudah saya laporkan ke Camat Bilah Hilir,” ungkapnya sembari geleng kepala.

Dirinya berharap kedua unit pimpinan bank itu agar diberi sanksi oleh pimpinan cabang, sehingga  di kemudian hari tidak terulang kembali dan menjadi acuan kepada karyawan lainnya.

Pantauan wartawan, Minggu sore (24/7/2016) bendera merah putih kebanggaan bangsa Indonesia itu masih bertengger di atas tiang di depan kedua kantor bank milik pemerintah itu walau terlihat kuyup, karena sebelumnya ditimpa hujan deras.

Kepala Unit Bank Mandiri Negerilama, Dimas Agusprasetyo, kepada wartawan mengatakan gedung yang sedang dipakai bukan milik perusahaan namun sewa. Itu sebabnya menyulitkan guna pasang tiang bendera karena harus permisi dengan pemilik gedung. “Namun jiwa dan raga masih merah putih, kedepan akan dilakukan  perbaikan,” jelas Dimas, Senin (25/7/2016).

Kepala Unit Bank BRI Negerilama Affan Tian ketika hendak dikonfirmasi, salah seorang stafnya mengatakan pimpinan mereka sedang berada di lapangan