HETANEWS

Usulan Kasasi KPUD Siantar Menunggu Petunjuk Provinsi dan Pusat 

Ketua KPUD Siantar, Mangasi Tua Purba.

Siantar, hetanews.com - Komisi Pemilihan Umum Daerah (KPUD) Kota Siantar telah menerima salinan putusan Pengadilan Tinggi Tata Usaha Negara (PTTUN) Medan yang diserahkan Wakil Panitera Pengadilan Tata Usaha Negara (PTUN) Medan, Mardiana, kemarin.

Salinan putusan yang diterima itu berupa putusan tingkat banding dari PTTUN Medan terkait sengketa Pilkada Kota Siantar, antara Surfenov Sirait dan Parlindungan Sinaga (Sirfenov - Parlin) dengan KPUD Siantar.

Ketua KPUD Siantar, Mangasi Tua Purba ditemui di kantornyan Rabu (13/7/2016), menuturkan pihaknya sudah menggelar rapat pleno terkait putusan tingkat banding dari PTTUN Medan, kemarin. Pleno untuk menyikapi putusan PTTUN. Hasilnya, KPUD ingin melakukan "perlawanan" terhadap putusan PTTUN, dengan upaya hukum kasasi ke Mahkamah Agung (MA).

Hanya saja, meski menginginkan kasasi, langkah itu belum dapat langsung dilakukan. Karena, KPUD Siantar masih menunggu petunjuk dan pendapat dari KPU Provinsi Sumatera Utara  (Sumut) dan KPU Pusat.

"Namun kami  masih menungggu sikap maupun pendapat dari KPU Sumut dan KPU Pusat," ucapnya.

Untuk itulah, kemarin, KPUD Siantar telah menyampaikan hasil pleno dan salinan putusan PTTUN ke KPU Sumut. Dengan tembusan KPU RI, DPRD Siantar dan Penjabat (Pj) Wali Kota, Jumsadi Damanik.

Dikatakan Mangasi, selanjutnya KPU Sumut akan berkordinasi dengan KPU Pusat. "Itu sudah sampaikan ke KPU Sumut. Selanjutnya KPU Sumut yang menyampaikan dan kordinasi ke KPU Pusat," sebutnya.

Penulis: tom. Editor: aan.