HETANEWS

Cabuli Wanita Dibawah Umur, 2 Sekawan Diancam 7 Tahun Penjara

Siantar, hetanews.com – Sidang kasus perkara pencabulan seorang wanita dibawah umur dengan dua terdakwa dalam berkas terpisah, kembali digelar di Pengadilan Negeri Siantar, Kamis (30/06/2016). Sidang yang digelar secara tertutup untuk umum ini, beragendakan mendengarkan tuntutan Jaksa Penuntut Umum (JPU).

Muda Panjaitan alias Mula dan Alex Hutagaol, dua orang pria yang menjadi terdakwa dituntut dengan hukuman masing-masing selama 7 tahun penjara dan denda sebanyak Rp 1 Miliar atau subsider penjara selama 5 bulan oleh jaksa Heri Susanto.

Terdakwa Mula dituntut sebagaimana diatur dan diancam pidana melanggar pasal 81 (2) UURI No.35 Tahun 2014 tentang perubahan atas UU RI No.23 Tahun 2002 Tentang Perlindungan Anak.

Sedangkan temannya, Alex dituntut Jaksa sebagaimana diatur dan diancam pidana melanggar pasal 81 (1) UURI No.35 Tahun 2014 tentang perubahan atas UURI No.23 Tahun 2002 Tentang Perlindungan Anak.

Setelah mendengarkan pembacaan tuntutan oleh Jaksa, majelis hakim yang dipimpin Lodewyk Simanjuntak menunda sidang hingga dua minggu kedepan dengan agenda nota pembelaan atau pledoi dari para terdakwa.

Dalam amar dakwaan diketahui, seorang wanita berusia 16 tahun menjadi korban pencabulan oleh dua pria di sebuah rumah di Lorong 20, Jalan Rakutta Sembiring, Kelurahan Nagapita, Kecamatan Siantar Martoba pada Sabtu (20/02/2016) malam. (Baca juga: Menghilang 3 Hari, Gadis 16 Tahun Disetubuhi 2 Pria Bertato)

Awalnya, terdakwa Mula yang memang  memiliki hubungan dengan korban sebut saja Mawar (bukan nama sebenarnya), membujuk rayu korban untuk melakukan hubungan terlarang dan berjanji akan mempertanggung jawab atas perbuatan tersebut. Termakan bujuk rayu dan janji busuk, korban hanya bisa pasrah dan kemudian melakukan hubungan terlarang pada malam itu juga.

Sedangkan, temannya Alex ikut menjadi pesakitan karena pada esok paginya, Minggu (21/02), ia mencoba melancarkan bujuk rayunya kepada korban yang saat itu masih berada di dalam kamar dan Mula saat itu tidak berada di lokasi.

Tetapi, korban tidak tergiur bujuk rayu dari Alex. Karena bujuk rayunya tidak mempan, Alex melakukan pengancaman akan melaporkan kepada warga sekitar serta membuat malu atas kelakuan korban dan Mula sebelumnya.

Walaupun diancam, korban tetap bersikeras tidak mau untuk melakukan hubungan terlarang tersebut bersama Alex. Kemudian Alex melakukan pemaksaan sehingga terjadilah perbuatan yang tidak diinginkan korban tersebut.

Akibatnya korban merasa malu karena tidak “suci” lagi sehingga ia dan keluarganya melaporkan kejadian pencabulan tersebut ke pihak Polresta Siantar.

Penulis: ndo. Editor: des.