HETANEWS

Ratusan Hektar Hutan di Kawasan Danau Toba Terbakar

Kawasan Danau Toba, yang terbakar. (Foto : Hasoloan Manik)

Karo, hetanews.com – Ratusan hektar hutan di kawasan lindung Gunung Sipiso-piso Simpang Bage Kecamatan Silimakuta Barat, kembali terbakar. Kebakaran ini mengakibatkan sebagian besar area timur Gunung Sipiso-piso terbakar. Kawasan Danau Toba daerah Simalungun pun ikut terimbas. Diperkirakan puluhan hektar habis dilalap sijago merah di Simalungun.

Informasi yang diperoleh di Forhidos, Kabupaten Karo, ada tiga titik area yang terbakar. Titik pertama dari Desa Hoppoan, terbakar sejak Selasa (28/6/2016). Menyusul titik kedua di Desa Tongging, Jalan Kodon Kodon Kabupaten Karo yang membakar ratusan hektar, Rabu (29/6/2016), hingga mendekati Air Terjun. Lalu, titik ketiga daerah Silalahi, Kabupaten Dairi, Kamis (30/6/2016). 

"Kebakaran adalah musuh utama daerah ini. Jika dihitung jumlah dana yang digunakan dalam mengadakan reboisasi di daerah ini, sangat banyak jumlahnya. Sejak 1983 program ABRI Masuk Desa, Toba Go Green, dalam rangka Reboisasi Kawasan Danau Toba, semua kurang maksimal.

Ada beberapa metode  pencegahan api, selain membuat sekat bakar yang dilakukan secara teratur, penanaman pohon kaliandra termasuk cara paling efektif. Jika pohon kaliandra ini sudah berusia lebih kurang 5 tahun, dibawahnya akan sulit terbakar,” Papar Hanson Munthe, pegiat lingkungan dari Forhidos, Kabupaten Karo.

Sementara dari Kabupaten Dairi, Desa Silalahi hingga Paropo sudah ratusan hektar habis terbakar sejak Selasa (28/6/2016).  "Kita berupaya untuk sosialisasi jangan membakar hutan, tapi tetap saja ada yang membakar, ini salah satu yang perlu dicari solusinya. Bagaimana agar semua masyarakat ikut merasa bahwa hutan itu miliknya,”  papar Hasoloan Manik, pegiat lingkungan dari Kabupaten Dairi. 

Editor: des.