Tebingtinggi, hetanews.com - Tebingtinggi dikenal sebagai kota Adipura, kota transit, kota kuliner, kota pendidikan (smart city) yang pantas disandang. Ini terbukti dengan penghargaan yang telah diterima Pemko Tebingtinggi.

Khusus untuk tahun ajaran baru 2016-2017 banyak peminat pelajar yang ingin melanjutkan sekolah di Tebingtinggi baik Sekolah Menengah Pertama (SMP) dan Sekolah Menengah Atas (SMA) maupun SLTA.

Informasi dihimpun hetanews, Selasa (28/6/2016), Pemko Tebingtinggi melalui Dinas Pendidikan (Disdik) setempat membuka Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) mulai tingkat Sekolah Dasar (SD), SMP dan SLTA dengan sistem online dari tanggal 27 - 29 Juni 2016 untuk pelajar yang berada di luar kota.

Sementara di dalam kota dari tanggal 27 - 1 Juli 2016, dengan ketentuan pelajar yang berdomisili di Tebingtinggi langsung ke sekolah yang dituju. Sedangkan yang di luar kota pendaftaran dilakukan di Gedung Laboratorium Terpadu, Jalan Gunung Leuser.

Tampak minat pelajar yang tinggi ingin bersekolah di Tebingtinggi, terlebih dari luar kota. Seperti penuturan beberapa orang diantara orang tua peserta didik antara lain Agus Harianto, warga Kabupaten Batubara, jika anaknya bernama Fajar ingin melanjutkan ke SMA Negeri 1 Tebing tinggi.

Demikian juga penuturan Siti Fatimah yang ingin menyekolahkan anaknya bernama Eka Aditya di SMA Negeri 1 Tebingtinggi. Dia menuturkan, anaknya pernah menempuh pendidikan di SMA Negeri 1 dan saat ini telah menjadi sarjana.

Kadis Pendidikan Tebingtinggi, Pardamean Siregar melalui staf nya Yeti menyatakan, bahwa sampai tanggal 28 Juni 2016 jumlah peserta mendaftar untuk masuk SLTA dari luar kota berjumlah 233 orang. Ini datang dari berbagai kota besar di Indonesia antara lain dari Jakarta, Medan, Kalimantan, Riau, Batubara dan Simalungun