HETANEWS.COM

Pematokan Pilar Pembatas Tanah di Laguboti Nyaris Bentrok

Suasana pematokan pilar pembatas tanah di Laguboti. (foto : Frengki Silitonga)

Tobasa, hetanews.com - Peletakan batu pertama dan pematokan pilar pembatas tanah antara pihak tergugat dan pengugat, di Kelurahan Laguboti, Kecamatan Laguboti, Kabupaten Toba Samosir (Tobasa), nyaris terjadi bentrok, Kamis (23/6/2016).

Ini karena pihak dari Galumbang Sibarani tidak terima dengan perbuatan Monang Sibarani yang melakukan pematokan tanah.

Galumbang menuturkan, keberatan atas pematokan yang dilakukan pihak Monang Sibarani. Dirinya juga berkeberatan terlebih pada Kapolres Tobasa, AKBP Jidin Siagian yang ada namanya dicantumkan di plank tersebut.

“Saya akan mengadukan hal ini ke Polda Sumatera Utara (Poldasu) membawa segerombolan preman dan Kapolres Tobasa membekingi pihak Monang Sibarani” papar Galumbang, dan menuturukan, kemarin, sudah mengirimkan surat ke Polres Tobasa terkait permasalah ini.

Mengenai Monang sudah memiliki putusan Mahkamah Agung MA, namun Galumbang meyakini putusan tersebut keliru. Sebab menurutnya putusan yang berdasarkan gugatan Monang Sibarani dan Herbet Sibarani itu salah sasaran.

“Kalau ada putusan MA tunggu dulu, yang mengugat dan tergugat siapa. Sementara tanah ini milik bapa tua saya almarhum John Piter Sibarani yang diberikan pada saya sesuai surat keterangan tertanggal 10 Desember 1981 lalu. Justru itu saya menggugat mereka (Monang Sibarani,” ungkap Galumbang.

Plank yang mencatut nama Kapolres Tobasa AKBP Jidin Siagian. (foto: Frengki Silitonga)

Sebelumnya ada pernyataan Kapolres AKBP Jidin Siagian ke beberapa media, bebereapa hari lalu, usai peringatan 109 tahun wafat nya Pahlawan Nasional Raja Sisingamangaraja XII. Jidin menuturkan, tidak mengetahui pencantuman namanya. “Kan tidak ada ditandatangani, mereka yang membuat,” tegas Jidin.

Sesuai plank yang tertera disebutkan tanah itu milik Monang Sibarani dan istri Doria br Siagian. Ini sesuai dengan putusan MA tanggal 13 Januari 2013 Nomor 887k/pdt/2009. Berita acara penyempurnaan eksekusi10 Juli 2012 no salinan pengadilan no 3676/BS/2012 dengan no:10/eks/2012/PDT.G/2007/PN.TRT pada tanggal April 2012 dengan juru sita Laos Martua Sianturi. Surat keterangan hal milik No.1001/481/SKHM/XII/2015 dengan ukuran, sebelah timur Jalan Tangis ukuran 3,4 meter, sebelah barat Jalan Patuan Bahari ukuran 3,4 meter, sebelah utara rumah Saulus Sibarani ukuran 59,17 meter dan sebelah selatan rumah No 19 ukuran 59,17 meter.

Disebutkan putusan yang dibuat oleh hakim Pengadilan Negeri (PN) Balige dalam daftar catatan perkara pasal 209 ayat 1, KUHP (model:51/PID/PN) tanggal 6 Juni 2016 oleh Herman P Nababan SH MH selalu hakim tunggal.

Penulis: frengki. Editor: aan.

Daftarkan diri Anda sebagai anggota Heta News untuk selalu mendapatkan buletin berita populer langsung di kotak surat elektronik Anda!

Berlangganan

Daftarkan diri Anda sebagai anggota Heta News untuk selalu mendapatkan buletin berita populer langsung di kotak surat elektronik Anda!

Berlangganan