Siantar, hetanews.com - Sebagai salah satu universitas yang berdiri sejak tahun 1968 ini tampaknya akan serius untuk hadir sebagai universitas termaju di Kota Siantar dan Sumatera Utara. 

Hal itu dikarenakan Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN PT) melakukan akreditasi terhadap Universitas Simalungun (USI) tahap II. Tim Asesor dari BAN PT ini melakukan verifikasi mulai tanggal 19 - 22 Juni 2016.

Dalam kunjungan ini tim BAN PT yang hadir langsung untuk menilai kesiapan USI dalam menaikan akreditasi yakni, Benhard Sitohang, Vitus Dwi Yunianto, Muhammad Nasir dan Ridwan Mochtar Thaha. 

Kedatangan tim BAN PT ini langsung disambut pihak Yayasan USI, dengan memberikan pakaian adat Simalungun, serta beberapa tarian daerah dan penyematan bunga selamat datang.

Tim BAN PT ini langsung memanggil para pimpinan daerah Kota Siantar dan  Kabupaten Simalungun yang merupakan salah satu pemerintahan yang turut membantu dan sebagai penampung lulusan dari USI. BAN PT juga memantau langsung seluruh Fakultas USI, laboraturium serta Pasca Sarjana USI.

Kepada hetanews, Ridwan menuturkan pihaknya mengapresiasi terhadap kemajuan USI. “Kemungkinan USI akan naik lah akreditasi nya,” ucap Ridwan.

Sekretaris Daerah (Sekda) Pemko Siantar, Donver Panggabean menuturkan, pihaknya mendukung akreditasi yang dilakukan BAN PT terhadap USI. Namun menurutnya, yang sedikit menjadi penilaian dari BAN PT mengenai perpustakaan yang sedikit mendapat perhatian karena masih dikategorikan kurang fasilitas. “Kita dari Pemko Siantar akan berupaya membantu fasilitas perpustakaan USI,” paparnya.

Rektor USI, Marihot Manullang mengatakan, ini merupakan sebuah pengakreditasian yang menilai secara universitas. Dia menuturkan, selama ini USI hanya menggunakan akreditasi fakultas.

“Kali ini kita coba menjadi Akreditasi Universitas, agar USI bisa terdepan serta menjadi universitas terunggul di Sumatera Utara. Karena terbukti di Sumatera Utara ini hanya ada 4 yang sudah diakreditasi, saat ini sudah jadi 5 dengan ikutnya USI.  Ini menjadi salah satu universitas yang akan dinaikan Akreditasi Universitas,” paparnya.