HETANEWS

Daya Tampung SMAN 4 Siantar Sebanyak 320 Siswa, Luar Kota Hanya 10 Persen

Beberapa orang tua siswa dan pelajar yang sedang melihat syarat - syarat untuk masuk ke SMA N 4 Siantar, Senin (13/6/2016). (Foto : Lazuardy Fahmi)

Siantar, hetanews.com – SMA Negeri 4 Siantar, salah satu sekolah unggulan di Kota Siantar telah membuka pendaftaran siswa baru (PSB). Pendaftaran dimulai dari Senin (13/06/2016) sampai Sabtu (18/06) mulai pukul 08.00 – 12.00 WIB.

Pantauan hetanews.com, Senin, pendaftaran hari pertama, para calon pendaftar masih sepi mendatangi sekolah yang terletak di pusat kota tersebut. Para pendaftar ini masih melihat alur pendaftaran dan syarat-syarat pendaftarannya.

Dari sebuah spanduk didekat gerbang SMAN 4 Siantar itu, tampak tertulis bagaimana alur pendaftaran serta syarat-syarat yang harus dipenuhi. Adapun alur pendaftaran yakni pertama, calon peserta membawa berkas yang kemudian dilakukan verifikasi berkas nilai rata-rata raport SKHUN, STTB, SKHUS, KK dan sertifikat berprestasi.

Apabila sampai disitu, pendaftar tidak memenuhi syarat, maka calon peserta tersebut dinyatakan gagal. Namun, apabila memenuhi syarat, calon peserta kemudian mengambil formulir pendaftaran di ruang panitia yang selanjutnya mengisi formulir pendaftaran dan menyerahkan kepada panitia. Nantinya, calon peserta didik menerima tanda bukti pendaftaran di meja panitia.

Adapun syarat-syarat pendaftaran di SMA Negeri 4 Siantar yakni calon peserta berusia antara 16-18 tahun. Tamatan SMP, MTs atau Paket B. Nilai raport rata-rata minimal 75 untuk mata pelajaran Bahasa Indonesia, Matematika, IPA, Bahasa Inggris dari kelas VII, VIII, dan IX semester 5 (yang terdapat pada SKHUN/STTB asal sekolah).

Syarat berikutnya, membawa STTB/SKHUN atau SKHUS asli dan 1 lembar fotocopy yang disahkan (dilegalisir). Membawa KK asli dan 1 lembar Fotocopy. Membawa 2 lembar pas photo 3x4 warna. Membawa sertifikat juara 1 OSN, O2SN dan FLS2N atau surat keterangan siswa berprestasi dari Kabid Dikdas Dinas Pendidikan Kota Siantar (jika merupakan siswa berprestasi).

Di SMAN 4 Siantar ini, seleksi berdasarkan perangkingan nilai UN tertinggi yang terdiri dari 90 % warga Kota Siantar dan 10 % warga dari luar kota  Siantar. Adapun daya tampungnya yakni sebanyak 320 orang yang akan diumumkan pada Selasa (21/06/2016) pukul 15.00 WIB.

Setelah mengetahui bahwa yang diterima dari luar Kota Siantar hanya 10 % dari daya tampung, seorang ibu dari Kecamatan Tanah Jawa, Kabupaten Simalungun mengeluh atas hal tersebut.

“Bah, kami dari Tanah Jawa pula. Cuma 10 % pula itu. Jadi hanya 32 orang lah nanti yang diterima. Tapi yaudahlah, asal tidak ada saja permainan nanti disini,” ujarnya ibu tersebut yang hendak memasukkan anaknya ke SMAN 4 Siantar.

Penulis: ndo. Editor: des.

Ikuti Heta News di Facebook, Twitter, Instagram, YouTube, dan Google News untuk selalu mendapatkan info terbaru.