HETANEWS.COM

Pemerintahan Darwin Siagian Lamban Jalankan Program APBD 2016

Bupati Darwin Siagian saat membuka kegiatan pembahasan Musrenbang 2017, namun pelaksanaan kegiatan APBD 2016 belum dimulai hingga saat ini. (foto : Maria Sitorus)

Tobasa, hetanews.com - Sejumlah Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) Pemkab Tobasa mengaku sudah siap untuk melaksanakan kegiatan Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) mengingat saat ini sudah memasuki bulan Juni.

Pelaksanaan APBD untuk Tahun Anggaran (TA) 2016 seharusnya sudah mulai berjalan guna menghindari  molornya waktu pelaksanaan APBD dan P APBD yang tentunya butuh waktu yang cukup lama. Sehingga P APBD yang seyogianya rampung pada  bulan Desember tahun anggaran berjalan.

Beberapa pimpinan SKPD merasa khawatir dengan belum terlaksananya kegiatan APBD 2016 hingga saat ini. Hal itu mengingat cuaca bulan September - Desember diketahui musim penghujan, sehingga sulit  bagi rekanan (pemborong) mengejar jadwal pelaksanaan tahun anggaran pelaksanaan proyek pada Desember nanti.

Bentuk kekecewaan terkait lambannya pelaksanaan kegiatan APBD 2016 dialamatkan Tokoh Aktivis Masyarakat Tobasa, Sahat Butar Butar terhadap kinerja Bupati Darwin Siagian.

Dia menuturkan, pemerintahan Darwin selalu menggaungkan percepatan pembangunan akan dilaksanakan secara maraton, akan tetapi hingga saat ini belum ada tanda tanda realisasi pembangunan.

“Masyarakat Tobasa kecewa melihat situasi begini, jika kegiatan APBD dimulai pada bulan Agustus apa yang bisa kita kerjakan hingga bulan Desember nanti. Belum lagi waktu untuk proses dana Sisa Lebih Penggunaan Anggaran (Silpa) untuk P APBD butuh waktu. Banyak pihak menilai kinerja pemerintahan Darwin Siagian lebih buruk dari pemerintahan sebelumnya,” paparnya,” Selasa (7/6/2016).

Hal senada juga disampaikan Kepala Biro Media Online Hetanews mewakili sosial kontrol Kabupaten Tobasa Frengki Silitonga. Dia mengatakan, pemerintahan Tobasa Hebat yang sekarang terlalu lamban dalam mengambil keputusan untuk pelaksanaan APBD 2016. Dikatakan demikian, karena sampai pertengahan tahun anggaran pelaksanaan APBD masih vakum atau belum ada kegiatan.

“Sampai saat ini APBD  untuk tender saja belum dimulai. Mau dibawa kemana  Kabupaten Tobasa ini. Namun sampai sejauh ini kita tetap berharap dan optimis " ‘Tobasa Hebat’ yang dicanangkan Bupati Darwin Siagian dan Wakil Bupati Hulman Sitorus  bisa terlaksana dengan baik,” pungkasnya.

Pantauan wartawan yang bertugas di Pemkab Tobasa, jika sejumlah SKPD hingga berita ini diterbitkan belum ada tanda - tanda pelaksanaan kegiatan APBD, baik itu tender apalagi Penunjukan Langsung (PL) dalam waktu dekat ini.

Dikhawatirkan nantinya apabila kegiatan sampai saat ini belum dimulai akan banyak kegiatan rentan bermasalah  terkait jadwal pelaksanaannya, melihat kondisi cuaca pada akhir tahun tinggi curah hujan.

Penulis: mel sitorus. Editor: aan.

Daftarkan diri Anda sebagai anggota Heta News untuk selalu mendapatkan buletin berita populer langsung di kotak surat elektronik Anda!

Berlangganan

Daftarkan diri Anda sebagai anggota Heta News untuk selalu mendapatkan buletin berita populer langsung di kotak surat elektronik Anda!

Berlangganan