HETANEWS.COM

Pedagang Berjualan di Ruang Terbuka Hijau Atas Usulan DPRD Siantar

Ruang Terbuka Hijau di Pasar Horas berubah fungsi menjadi lapak berjualan para pedagang. (foto : Bismar Siahaan)

Siantar, hetanews.com - Ternyata pedagang yang berjualan di Ruang Terbuka Hijau (RTH) Pasar Horas, Kecamatan Siantar Barat atas rekomendasi dari DPRD Siantar.

Ini terungkap pada saat kunjungan Komisi II DPRD Kota Siantar ke Pasar Horas, Selasa (7/6/2016) mengenai kenaikan tarff retribusi pasar yang diterapkan Perusahaan Daerah Pasar Horas Jaya (PDPHJ).

Dalam kunjungan itu, 3 Anggota Komisi II yakni, Hotman Kamaludin Manik, OW Dermawan dan Asrida Sitohang menyempatkan diri bertanya pada pedagang yang berjualan di RTH Pasar Horas, tepatnya di gedung III.

Awalnya Asrida menanyakan salah seorang pedagang pakaian monza (rojer) Boru Ginting, mengenai pembayaran untuk berjualan di lokasi RTH. “Kami pakai karcis bu. Sebesar Rp 4.000 kami bayar karcisnya per hari,” sebut Boru Ginting.

Kemudian Asrida menanyakan apakah mereka mau kalau dipindahkan, Boru Ginting justru menolaknya. “Janganlah bu, kalau ada kios saya di sini maunya dipindahkan,” ucapnya.

Dia pun bercerita penyebab mereka berjualan di RTH tersebut. Awalnya mereka bejualan di depan jalan Pasar Horas dan saat itu mau digusur. Selanjutnya mereka diarahkan untuk berjualan di RTH.

“Waktu itu Pak Kennedy Parapat, Maruli Hutapea sama Timbul Lingga mengarahkan kemari (RTH), tapi kalau d itempat lain kami gak tau,” paparnya.

Terpisah, Timbul Lingga yang ditanya langsung terkait ucapan pedagang tersebut membenarkannya. Wakil Ketua DPRD Siantar ini menuturkan, waktu itu akan ada penggusuran pedagang yang berjualan di jalan.

“Kemudian kami tempatkan lah sementara di situ (RTH). Sementara yah disitu sampai ada solusi dari PDPHJ, tapi waktu itu Dinas Pasar. Kalau sampai saat ini gak ada solusi yah itu salahnya Direktur Utaram (Dirut) PDPHJ, Setia Siagian dong,” papar politisi dari PDI - Perjuangan ini.

Penulis: tom. Editor: aan.

Daftarkan diri Anda sebagai anggota Heta News untuk selalu mendapatkan buletin berita populer langsung di kotak surat elektronik Anda!

Berlangganan

Daftarkan diri Anda sebagai anggota Heta News untuk selalu mendapatkan buletin berita populer langsung di kotak surat elektronik Anda!

Berlangganan