HETANEWS.COM

Hakim Tolak Eksepsi dari Penasehat Hukum Terdakwa Pembakaran

Suasana sidang kasus pembakaran di PN Simalungun. (foto : Bismar Siahaan)

Simalungun, hetanews.com - Persidangan di ruangan candra kembali digelar di Pengadilan Negeri (PN) Simalungun, Senin (6/6/2016) dengan agenda putusan sela (putusan dari majelis hakim sidang) untuk menanggapi eksepsi dari penasehat hukum dan dakwaan Jaksa Penuntut Umum (JPU).

Sidang yang dipimpin majelis hakim Julius Panjaitan, didampingi hakim anggota Sinta Pasaribu dan Melinda Aritonang, langsung membacakan putusan sela menanggapi dakwaan JPU Nova Ratna Miranda atau menerima eksepsi dari penasehat hukum terdakwa Ramadhan dan rekan - rekan. 

“Usai menerima eksepsi dari penasehat hukum terdakwa Sairun, Ambriadi Sitorus dan Nasib yang menyatakan ada kejanggalan serta kekeliruan dari JPU memberikan dakwaan serta kejadian perkara. Itu tertulis dalam pasal 156 KUHPidana sesuai dengan eksepsi dari penasehat hukum, serta menanggapi dari dakwaan penuntut umum, majelis hakim berpendapat menerima dakwaan JPU,” ucap Julius Panjaitan.

Majelis hakim menuturkan, dikarenakan tuduan terhadap terdakwa, yang secara bersama - sama melakukan pembakaran dan pengerusakan pada 9 Juni 2015 di komplek Perumahan UD Mas di Perdagangan, Kecamatan Bandar, Kabupaten Simalungun, itu menandakan sesuai dengan pasal 143 KUHPidana.

“Kami mengatakan penolakan terhadap eksepsi penasehat hukum terdakwa, karena tidak ada alasan untuk memberhentikan kasus ini. Maka persidangan tetap dilanjut dengan aenda sidang pemeriksaan sampai pada amar putusan,” sebut Julius.

Usai mendengar putusan, majelis hakim langsung menunda persidangan dan melanjutkan kembali pada 9 Juni 2016, dengan agenda pemeriksaan saksi dari JPU.

Penulis: res. Editor: aan.

Daftarkan diri Anda sebagai anggota Heta News untuk selalu mendapatkan buletin berita populer langsung di kotak surat elektronik Anda!

Berlangganan

Daftarkan diri Anda sebagai anggota Heta News untuk selalu mendapatkan buletin berita populer langsung di kotak surat elektronik Anda!

Berlangganan

Aplikasi Heta News sudah tersedia di Google Play Store. Silakan pasang di ponsel pintar Anda!