HETANEWS

Kasus Sabu, Pencipta Lagu Daerah Terima Hukuman 4 Kalender

Kedua terdakwa saat mendengarkan vonis dari majelis hakim. (foto : Bismar Siahaan)

Simalungun, hetanews.com - Terbukti menyalahgunakan narkotika jenis sabu - sabu, terdakwa Darma Elson yang juga pencipta dan penyanyi lagu daerah, serta rekannya Jhon Hatta Silalahi akhirnya menerima hukuman 4 tahun penjara dari majelis hakim Pengadilan Negeri (PN) Simalungun, Senin (6/6/2016).

Persidangan yang berlangsung di ruangan candra, dipimpin majelis hakim diketuai Julius Panjaitan, didampingi hakim anggota Melinda Aritonang dan Romauli br Purba, serta Jaksa Penuntut Umum (JPU) Lidia Panjaitan, lansung mendengarkan putusan.

Dalam putusannya menuturkan, setelah mendengarkan dakwaan dari JPU, keterangan saksi dan eksepsi terdakwa melalui penasehat hukum nya, maka majelis sepakat dengan tuntutan dari jaksa, jika terdakwa terbukti melanggar pasal 112 jo 130  Undang – Undang (UU) Narkotika Nomor 35 Tahun 2009.

Baca: (Jaksa Tuntut Pencipta Lagu Daerah 5 Tahun Penjara).

Majelis hakim menjatuhkan hukuman pada masing - masing terdakwa sebanyak 4 tahun penjara dan denda sebesar Rp 800 juta, dengan ketentuan apabila tidak dibayar ditambah hukuman sebanyak 3 bulan penjara.

“Beberapa alat bukti seperti alat isap, kaca pirex dan pipet serta narkotika seberat 0,25 gram dirampas untuk Negara. Sementara sepeda motor merek Verja di kembalikan pada terdakwa Darma Silalahi,” ucap majelis hakim.

Usai mendengarkan putusan hakim, terdakwa pun tampak menyesali perbuatannya dan mengaku tidak akan mengulangi kembali.

Penulis: res. Editor: aan.