HETANEWS

Hari Lingkungan Hidup Sedunia 5 Juni, FORHIDOS dan Relawan Jokowi Penghijauan di Sipiso-piso

FORHIDOS dan Relawan Jokowi, usai melakukan Penghijauan di Sipiso-piso

Medan, hetanews.com-Hari Lingkungan Hidup Sedunia diperingati 5 Juni tiap tahunnya. Thema tahun 2016 adalah “Zero Tollerance for the Illegal Wildlife Trade”. Dengan thema ini, masyarakat diharapkan turut ambil bagian dalam melawan perdagangan liar.

Selain melawan isu perdagangan hewan liar, salah satu upaya melindungi hewan liar adalah dengan membangun habitatnya. Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM) FORHIDOS, atau sering disebut Non Goverment Organisation (NGO) sudah konsentrasi di Kawasan Danau Toba sejak beberapa tahun terakhir.

Perayaan Hari Lingkungan Hidup 5 Juni 2016 dirayakan dengan melakukan aksi lingkungan.  Usai melaksanakan seremonial peringatan hari lingkungan hidup di Sipiso-piso, Kecamatan Merek, Kabupaten Karo, dilanjutkan kegiatan dengan melakukan penanaman pohon.

"Aksi yang kita lakukan memang tidak besar, akan tetapi kita berharap hal kecil ini dilakukan oleh kelompok lain, sehingga aksi kecil akan menjadi aksi missal,” ujar Heryanson Munthe, Ketua Forhidos Karo, yang juga Ketua Barisan Relawan Jokowi Presiden Sumatera Utara

Dalam kegiatan tersebut terlihat hadir relawan dari kabupaten lain, seperti dari Simalungun, Karo dan Dairi. Hadir juga pegiat lingkungan penerima Kalpataru Presiden  2010 dari Dairi, Hasoloan Manik

"Dalam rangka mempertahankan sumber air Danau Toba, kita akan terus berusaha  mendukung masyarakat melakukan konservasi di Kawasan Danau Toba. Tahun ini kita akan upayakan penanaman 5000 pohon di 5 Kabupaten, ini yang perdana di kabupaten Karo,” ujar Susyam, Manajer Pemberdayaan Masyarakat Inalum. Inalum menyumbangkan 1000 pohon buah, untuk ditanam dalam aksi penghijauan ini.

Penulis: tim. Editor: des.