Sergai, hetanews.com -  Bupati Serdang Bedagai (Sergai) Soekirman melepas 107 pembalap sepeda Tour of Bike Polres Sergai 2016 di halaman Mapolres setempat, Minggu (5/6/2016).

Kegiatan ini turut dihadiri Kapolres Sergai AKBP Eko Suprihanto, Dandim 0204/DS Letkol Inf Hanryan Indrawira, Kapolres Tanjung Balai AKBP Ayep Wahyu Gunawan, , jajaran Polres Sergai, Polresta Tebing Tinggi dan Polresta Tanjung Balai, jajaran Kodim 0204/DS serta masyarakat pecinta olah raga bersepeda.

Dalam sambutannya, Soekirman memberikan apresiasi yang tinggi untuk kegiatan ini, dan berharap agar dapat bermanfaat bagi peserta Tour of Bike Polres Sergai 2016.

Selain itu agar dapat merangsang pecinta olah raga untuk berperilaku sehat sehingga terhindar dari penyakit masyarakat, seperti perjudian serta penggunaan narkotika dan obat - obat terlarang.

“Semoga kegiatan ini dapat menjadi kalender tahunan olah raga yang dapat mempromosikan potensi pariwisata khususnya di Kabupaten Tanah Bertuah Negeri Beradat baik wisata olah raga, wisata alam dan wisata kulinernya,” ujar Bupati.

Kapolres Sergai menyatakan, bahwa kegiatan ini diselenggarakan selain untuk menjaga kesehatan tubuh, juga mempererat kebersamaan dan kekompakan antara Polri, pemerintah daerah, TNI dan masyarakat.

“Tour of Bike Polres Sergai 2016 bersifat olah raga, sembari menikmati pemandangan dan potensi wisata sepanjang jalur yang akan dilalui, sehingga dapat memperkenalkan potensi-potensi wisata selama perjalanan yang dilalui. Tidak ada pemenang di sini, tetapi kebersamaan dan kekompakan yang diharapkan,” jelas Eko.

Ketua Panitia, Kompol V Siagian melaporkan, kegiatan ini diikuti pembalap sepeda dari unsur Polri, TNI, pemerintah daerah dan serta masyarakat. Adapun rute yang dilalui terbagi dalam tiga kategori. Rute Panjang menempuh jarak sejauh 118 Km mulai dari Polres Sergai-Tebing Tinggi-Dolok Masihul-Galang-Lubuk Pakam-Perbaungan dan Finish di Pantai Pondok Permai Kecamatan Pantai Cermin. Chek point rute panjang terletak di Kantor PJR Polres Tebing Tinggi, Polsek Dolmas Sergai, Polsek Merbau Deli Serdang, dan RM Simpang 3 Perbaungan.

Sedangkan Rute Sedang, menempuh jarak sejauh 80 Km mulai dari Polres Sergai-Dolok Masihul-Galang-Lubuk Pakam-Perbaungan dan Finish di Pantai Pondok Permai Kecamatan Pantai Cermin. Chek point rute sedang terletak di Pekan Dolok Masihul Sergai, Polsek Merbau Deli Serdang, dan RM Simpang 3 Perbaungan.

Dan untuk Rute Pendek, menempuh jarak sejauh 30 Km melalui jalur Polres Sergai-Teluk Mengkudu-Sei Nagalawan-dan Finish di di Pantai Pondok Permai Kecamatan Pantai Cermin. Chek point rute pendek terletak di Pantai Kuala Putri Kecamatan Pantai Cermin.