HETANEWS.COM

Kembali Kemalingan, Pedagang Pertanyakan Keamanan Pasar Horas

Erni Sirait pedagang pakaian di Pasar Horas. (foto : Armeindo Sinaga)

Siantar, hetanews.com - Pedagang Pasar Horas, Kecamatan Siantar Barat sudah semakin ketakutan kehilangan atas barang-barang dagangan mereka.

Kali ini dialami Erni Sirait (31), pedagang pakaian di gedung III lantai 2 Pasar Horas. Jumat (3/6/2016) sekira pukul 08.00 WIB, saat dirinya membuka kios, melihat semua pakaian yang dijual sudah berserakan Jaket-jaket di patung sudah berbukaan semua. Sementara baju dan celana yang gantung semua sudah berjatuhan. “Saya pun terkejut melihat kondisi kios,” ujarnya didampingi suaminya, Iskandar Simanjuntak (31) pada Sabtu malam (4/6/2016).

Warga Lorong 8 Parluasan, Kecamatan Siantar Utara ini merasa kalau yang mengobrak-abrik kiosnya adalah maling profesional. “Ada empat potong celana laki-laki yang hilang. Celana yang baru masuk pula itu. Belum semua saya data barang-barang apa cuma 4 celana itu saja yang hilang. Kalau kerugian dari 4 celana itu ya sekitar Rp 400 ribu,” paparnya.

Namun menurutnya, ada hal yang aneh. Pasalnya kondisi gembok kois nya tidak rusak, hanya mur penutup kios yang longgar. “Kok bisa lah dibongkarnya kios tapi tapi gembok tak rusak. Saya menduga ada permainan disini,” kata pedagang yang baru bulan Maret kemarin membuka usahanya di Pasar Horas.

Pedagang pun mempertanyakan keamanan di Pasar Horas, karena mereka merasa resah akan barang dagangan yang bisa saja hilang lagi. Apalagi kejadian yang mereka hadapi aneh.

“Kalau kehilangan-kehilangan gini, kami semua pedagang pasti resah lah. Kalau kami biasa tutup sekira pukul 18.00 WIB. Kami menginginkan para yang jaga malam di Pasar Horas ini harus membuktikan pasar ini aman. Keamanan disini perlu dipertanyakan. Sudah melapor aku ke Aliasi Pedagang Pasar Tradisional,” tambahnya.

Pantauan hetanews, beberapa para pedagang Pasar Horas yang merasa resah terhadap tindak tanduk maling berkumpul di Gedung III Lantai 2 untuk menuntut agar Dirut Perusahaan Daerah Pasar Horas Jaya (PD PHJ), Setia Siagian datang untuk menjelaskan masalah yang sedang mereka hadapi.

Penulis: ndo. Editor: aan.
Komentar 1
  • Monang Gultom
    Sekedar masukan kepada masyarakat kabupaten Simalungun yg biasa belanja di PASAR HORAS P.SIANTAR.


    KALAU ANDA DATANG DARI DESA SEKITA KABUPATEN SIMALUNGUN, DARI TANAH JAWA, TIGA DOLOK, RAYA , SERIBU DOLOK DLL, KALAU ANDA NAIK BIS 3/4 atau angkot, coba perhatikan ada banyak pria yg MASUK KE DALAM BIS PADA SAAT PENUMPANG TURUN . MENGAPA MEREKA TIDAK TUNGGU DI LUAR ATAU DI BAWAH SAJA? Pada saat mereka naik ke dalam BIS , pada saat itu mereka merogoh tas dan mencopet uang , dompet , atau PUNTALAN dari penumpang yg umumnya WANITA.

    KALAU POLISI KEAMANAN PASAR HORAS JELI ITU BISA DIAMATI DAN MENANGKAP PENJAHAT ITU