HETANEWS.COM

Kegiatan Upsus Babinsa Dukung Swasembada Pangan

Kopda Supriadi membantu petani menanam padi. (foto : Penrem 022/PT)

Babinsa Dampingi Petani Bertanam Padi

Batubara, hetanews.com - Dalam rangka pelaksanaan upaya khusus (upsus) penanaman padi, Babinsa sebagai tulang punggung di satuan komando kewilayahan terus melakukan pendampingan terhadap petani guna mendukung program tercapainya swasembada pangan.

Pendampingan ini dilakukan Babinsa Koramil 02/Air Putih Kopda Supriadi melaksanakan kegiatan pendampingan membantu masyarakat dalam melakukan penanaman padi di Desa Pasar VIII Kecamatan Air Putih, Kabupaten Batubara dalam rangka percepatan tanam, Senin (30/5/2016).

Kegiatan pendampingan yang dilaksanakan babinsa bertujuan untuk memberikan pemahaman kepada para petani mengenai pentingnya penanaman padi yang merupakan bagian dari program pemerintah menganjurkan untuk bersama-sama mendukung program pemerintah yaitu tercapainya swasembada pangan.

Upaya yang dilakukan oleh babinsa dalam melaksanakan pendampingan mendapat sambutan dan apresiasi positif dari masyarakat petani, karena mereka sangat terbantu dengan adanya kegiatan tesebut.

Petani senang dengan adanya pendampingan penanaman padi yang dilakukan oleh babinsa. Hal ini bukan saja sangat membantu secara tenaga saja, akan tetapi babinsa juga berperan aktif dalam kegiatan pendampingan  pendropan pupuk kepada para kelompok tani (poktan), menghimbau para warga di desa yang berprofesi sebagai petani untuk mempercepat penanaman padi,pengelolaan lahan sawah yang akan ditanami padi secara cepat dan baik.

Para petani berharap pendampingn babinsa dilakukan secara kontinyu dan berkesinambungan, sehingga diharapkan TNI selalu dapat membantu petani yang membutuhkan pendampingan.

Babinsa dan Petani Lakukan Pengolahan Sawah

Peltu Sumartono membajak sawah petani menggunakan traktor. (foto: Penrem 022/PT)

Asahan, hetanews.com - Masa panen padi telah usai, kini tiba saatnya untuk menanamnya kembali. Dibutuhkan usaha untuk memulai menanam dengan mengolah tanah terlebih dahulu. Yaitu dengan menghilangkan jerami yang menumpuk di sawah untuk kemudian lahan siap di bajak.

Untuk meringankan pekerjaan tersebut Babinsa Koramil 05/Tanjung Tiram Kodim 0208/Asahan Peltu Sumartono yang merupakan Babinsa Desa Kualasikasikasim Kecamatan Sei Balai Kabupaten Batu Bara pada hari Senin (30/5/2016) membantu petani Legimun dalam mengolah lahan sawahnya dengan cara membajak menggunakan traktor.

Cara pengolahan lahan dengan menggunakan traktor seperti ini sangat efektif dan hasil pekerjaanpun bisa maksimal, karena luas lahan bisa terjangkau semua dan akan mempercepat selesainya pekerjaan tersebut. Bagi seorang babinsa membantu petani dalam mengolah sawah sampai tanaman padi tersebut panen merupakan suatu tugas dalam upaya meningkatkan swasembada pangan khususnya di Kabupaten Batubara.

Dengan memberikan dorongan semangat dan dukungan tenaga, diharapkan para petani dalam mengolah pertaniannya bisa mencapai maksimal. Apabila pekerjaan petani bisa maksimal akan berdampak pada hasil panen nantinya.

Hasil panen yang meningkat dan mempunyai mutu padi yang tinggi akan meningkatkan kesejahteraan petani sehingga kebutuhan pangan di wilayah Kabupaten Batubara bisa terpenuhi. Cara dan upaya membantu petani seperti ini yang selalu dilakukan para Babinsa Koramil 05/Tanjung Tiram agar pertanian mereka bisa maju dan harapannya bisa berhasil.

Babinsa Meranti Semai Bibit Padi Bersama Petani

Sertu Imannuel Nainggolan membantu petani menyemai bibit padi.  (foto: Penrem 022/PT)

Asahan, hetanews.com - Babinsa Koramil 18/Meranti Kodim 0208/Asahan Sertu Imannuel Nainggolan mendampingi kelompok tani desa binaan menyemai bibit padi di areal persawahan Desa Panca Arga Kecamatan Rawang Kabupaten Asahan, Senin (30/5/2016).

Sertu Imannuel Nainggolan mengatakan, sebelum bibit padi tersebut ditanam di sawah, bibit padi terlebih dahulu disemai di lahan penyemaian. Lahan tempat penyemaian bibit padi terlebih dahulu harus diolah semaksimal mungkin tidak boleh terlalu kering dan banyak air. Ini agar benih yang disebar bisa tumbuh secara maksimal.

“Sebelum benih disebar tanahnya diberi pupuk kandang atau pupuk organik agar pertumbuhan bibit padi lebih bagus dan sewaktu pencabutan bibit akan lebih mudah sehingga tidak banyak yang putus,” ujarnya.

Kegiatan penyiapan benih padi tersebut tidak lepas dari bantuan babinsa pendamping. Babinsa secara sukarela memberikan bantuan tenaga serta memberikan motivasi kepada para petani agar semakin giat mengolah lahan persawahannya guna pencapaian hasil yang maksimal. Kegiatan tersebut merupakan upaya Koramil 18/Meranti dalam mendukung program swasembada pangan di Kabupaten Asahan.

Babinsa Bantu Poktan Semprot Hama Padi

Pelda Sutarji dan Koptu Dedi melakukan penyemprotan hama padi.  (foto: Penrem 022/PT)

Deliserdang, hetanews.com - Koramil 01/Sunggal Kodim 0204/Deliserdang Pelda Sutarji dan Koptu Dedi bersama Ketua Kelompok Tani (Kapoktan) Suharto melaksanakan kegiatan penyemprotan hama padi milik Pringet anggota Poktan di Dusun IA Desa Serbajadi, Kecamatan Sunggal, Kabupaten Deliserdang, Senin (30/5/2016).

Penyemprotan ini dilakukan dengan tujuan untuk memberikan kesuburan terhadap tanaman padi, dan untuk sebagai langkah menanggulangi serangan hama tanaman padi bisa berjalan dengan efektif.

Babinsa dalam membantu para petani adalah upaya khusus untuk mendukung atau menyukseskan program ketahan pangan yang di programkan oleh pemeritah, yang diwujudkan pendampingan dan pengawalan langsung membantu petani, mulai dari pengolahan sawah dan penyemprotan hingga sampai panen.

Suharto merasa sangat senang dengan adanya babinsa yang mau terjun langsung ke lapangan dan melaksanakan penyemprotan hama padi. “Ini memberi motivasi kepada agar kami dalam mengarap sawah lebih bersemangat dan panen tahun ini lebih bagus,” paparnya.

Penulis: bt. Editor: aan.

Daftarkan diri Anda sebagai anggota Heta News untuk selalu mendapatkan buletin berita populer langsung di kotak surat elektronik Anda!

Berlangganan

Daftarkan diri Anda sebagai anggota Heta News untuk selalu mendapatkan buletin berita populer langsung di kotak surat elektronik Anda!

Berlangganan