HETANEWS.COM

Warga Ramaikan Sidang Tilang di PN Simalungun

Warga saat mengikuti sidang tilang di PN Simalungun. (foto : Bismar Siahaan)

Simalungun, hetanews.com – Ratusan pengendara berbondong - bondong mendatangi Pengadilan Negeri (PN) Simalungun, Jumat (3/6/2016).

Kedatangan warga ini untuk mengikuti sidang tilang dan mempertanggungjawabkan perbuatan mereka usai pelaksanaan Operasi Patuh Tahun 2016 yang digelar Polres Simalungun beberapa waktu lalu.

Pantauan hetanews di ruang persidangan, banyak warga yang hadir dengan membawa bukti tilang dari Kepolisian. Sementara hakim yang mengadili sidang tersebut hanya mengungkapkan kasus tilang dan beberapa bukti pelanggaran. Selanjutnya mengembalikan Surat Izin Mengemudi (SIM) dan Surat Tanda Nomor Kendaraan (STNK), setelah membayar denda tilang pada majelis hakim untuk diserahkan kepada negara.

Menurut pengawas bagian tilang pegawai PN Simalungun menuturkan, rata - rata yang menghadiri kasus tilang hampir 300 orang. Sidang tilang digelar setiap hari Jumat dan yang hadir harus pemilik kendaraan tersebut tanpa perwakilan.

Sementara salah seorang warga mengaku, lebih baik datang ke persidangan tilang, karena lebih murah dan tidak banyak proses hanya menjawab serta mengakui kesalahan saja. “Udah begitu SIM atau STNK kita langsung balik,” ucap warga yang tak bersedia disebut namanya.

Pihak pengadilan menyarankan para pengendara yang ingin mengambil tilang agar menghindari kasus calo - calo gelap.

Penulis: res. Editor: aan.

Masukkan alamat E-mail Anda di bawah ini untuk berlangganan artikel berita dari Heta News.

Jangan lupa untuk memeriksa kotak masuk E-mail Anda untuk mengkonfirmasi!

Aplikasi Heta News sudah tersedia di Google Play Store. Silakan pasang di ponsel pintar Anda!