Tebingtinggi, hetanews.com - Menyambut Bulan Suci Ramadhan 1437 Hijriyah, Dinas Sosial dan Tenaga Kerja (Dinsosnaker) bersama seluruh jajajaran Pemko Tebingtinggi menggelar kegiatan silaturahmi dan berbagi bersama 700 anak yatim piatu dari lima wilayah kecamatan, Rabu (1/6/2016), di Gedung Olahraga (GOR) Asber Nasutiom Jalan Gunung Leuser kota setempat.

Hadir dalam acara itu, Wakil Wali Kota, Oki Doni Siregar, Kapolres AKBP Ciceu Cahyati Sri Meilawaty, Ketua Majelis Ulama Indonesia (MUI)  Ahmad Dalil Harahap, Al Ustad Rafdinal, para pengurus ormas Islam, pimpinan SKPD, Camat, Lurah dan ratusan anak yatim se Kota Tebingtinggi.

Wali Kota Umar Zunaidi Hasibuan mengajak seluruh umat muslim untuk selalu berbagi, dan menyisihkan sebagian rezekinya dengan orang-orang kurang mampu terutama memberikan bantuan kepada anak-anak yatim.

“Anak-anak harus punya cita-cita, jangan putus asa karena menjadi yatim piatu. Kalian harus mampu, kalian juga bisa menjadi Wali Kota, Kapolres dan pejabat lainnya. Semuanya itu tak terlepas dari bagaimana kita bisa memberikan sedikit rezeki kepada anak yatim dan selalu berdoa kepada Allah SWT,” imbuh Umar.

Dia juga memotivasi seluruh anak-anak yatim agar tidak berputus asa.“Teruslah bersekolah, karena Pemko Tebingtinggi punya program wajib belajar sampai 12 tahun secara gratis. Pemko Tebingtinggi melalui Dinas Pendidikan (Disdik) akan terus memberikan program pendidikan yang baik terutama dikhususkan bagi warga miskin,” ucapnya.

Bagi anak yatim yang sakit dan tidak mampu berobat, Umar menuturkan, Pemko Tebinggi memiliki RSUD Kumpulan Pane, secara gratis, tinggal mendatangi pihak kelurahan dan meminta surat keterangan tidak mampu. “Kita punya dana talangan, masyarakat miskin gratis berobat, jangan takut berobat, datang saja ke rumah sakit pasti akan dilayani,” jelas Umar.

Sehubungan dengan semakin dekatnya bulan suci Ramadhan, Umar berharap agar anak-anak melaksanakan ibadah puasa, apabila tidak tahan satu hari, setengah hari tidak masalah, yang penting ada niat berlatih puasa.

“Kepada orang tua bapak angkat anak yatim ini, dalam bulan ramadhan ajaklah anak kita ke masjid untuk terawih dan membaca Alquran. Kepada Camat, kita minta untuk mendata seluruh anak yatim. Kita akan carikan bapak angkatnya dan hari ini Kadis Sosial dan Tenaga Kerja kita nobatkan sebagai bapak anak yatim Kota Tebingtinggi,” katanya.

Sementara itu, Kadissosnaker, Syaiful Fahri dalam laporannya mengatakan, Pemko Tebingtinggi melalui Dinsosnker menggelar berbagi bersama 700 orang anak yatim piatu. Hal ini bertujan untuk mendekatkan diri kepada Allah, menumbuhkan kesadaran diri untuk menginfaqkan hartanya kepada orang tidak mampu dan memupuk semangat ukhuwah Islamiah sesama umat muslim.

Wali Kota Tebingtinggi juga menyerahkan kain sarung kepada anak-anak yatim dan pedamping berjumlah 70 orang. Kegiatan ini untuk memupuk silatuhrami anak yatim piatu dengan Pemko Tebingtinggi. “Semoga amal ibadah kita diterima Allah SWT,” jelas Syaiful.