HETANEWS

TMMD di Sergai Rampungkan Pembukaan Jalan Desa 1.400 Meter

Bupati Soekirman bersama Pangkostrad Mayjen TNI Edy Rahmayadi sedang menandatangani Naskah Penutupan TMMD disela-sela upacara penutupan TMMD ke 96 Kabupaten Sergai.

Asahan, hetanews.com - TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) ke-96 Tingkat Kabupaten Serdang Bedagai (Sergai) yang dipusatkan di Desa Tarean, Kecamatan Silinda yang dilaksanakan selama 3 Mei – 1 Juni 2016 secara resmi ditutup.

Upacara penutupan kegiatan yang dilaksanakan di area Replika Istana Sultan Serdang Kelurahan Melati Kebun Kecamatan Pegajahan, Rabu (1/6/2016) bertindak sebagai Inspektur Upacara (Irup) Pangkostrad, Mayjen TNI Edy Rahmayadi.

Penutupan kegiatan ini ditandai dengan penandatanganan naskah penutupan TMMD oleh Pangkostrad dan Bupati Sergai Soekirman didampingi Wabup Darma Wijaya. Di samping pelaksanaan upacara, penutupan TMMD ke- 96 ini juga diwarnai akselerasi terjun payung bebas.

Pada kesempatan tersebut turut dihadiri Danrem 022/PT Kol Inf Toto Nurwanto, para pejabat Kodam I/BB, unsur Forkopimda Sergai, para Asisten dan Staf Ahli Bupati, para Kepala Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) dan Camat se-Sergai, unsur Organisasi Kepemudaan (OKP) dan Organisasi Masyarakat (Ormas), para pelajar dari SD hingga SMA/SMK beserta masyarakat di sekitar perhelatan acara.

Dalam sambutan tertulisnya Kasad Jenderal TNI Mulyono selaku penanggung jawab operasional TMMD yang dibacakan Pangkostrad mengatakan, TMMD ke-96 tahun 2016 ini, sebanyak 33 sasaran fisik berupa pembangunan dan perbaikan infrastruktur yang tersebar di berbagai wilayah Kodam di seluruh Indonesia. Di antaranya adalah pembangunan sarana transportasi berupa pembangunan jalan baru, rehabilitasi dan pengaspalan jalan, pemasangan paving dan pengerasan jalan/rabat beton/makadam.

“Untuk hasil kegiatan non fisik tentang wawasan kebangsaan, Pancasila, UUD 1945, hukum, hak asasi manusia, pembekalan pengetahuan praktis, keagamaan, kejuangan dan bela negara benar-benar dapat dipahami dan diterapkan dalam kehidupan sehari-hari,” jelas Kasad.

Kegiatan TMMD yang dilaksanakan dalam jangka waktu satu bulan, menurut laporan Dandim 0204/DS Letkol Inf Hanryan Indrawira selaku Dansatgas TMMD ke-96 wilayah Kodim 02/04 DS menitikberatkan kepada pembangunan infrastruktur, sarana prasana umum yang menjadi kebutuhan di daerah yang sulit terjangkau ini, dengan harapan dapat membuka solusi antar desa di daerah dan mampu mensejahterakan masyarakat. Dengan melibatkan 150 orang personil terdiri 130 orang anggota TNI, 5 orang anggota Polri dan 15 orang ASN Pemkab Sergai.

Dikatakan Dandim, adapun sasaran kegiatan TMMD di Desa Tarean Kecamatan Silinda terdiri dari sasaran fisik dan non fisik. Untuk sasaran kegiatan fisik antara lain pembukaan dan pengerasan jalan sepanjang 1.400 meter dengan realisasi hasil 100 persen. 

Selain itu, juga melaksanakan kegiatan fisik meliputi, penyuluhan bela negara dan cinta negara, penyuluhan tentang narkoba, Kamtibmas, lingkungan hidup, pertanian, penyuluhan KB, pertandingan olahraga antar diklat kecamatan dan pembinaan kepada masyarakat dalam bidang olahraga dan kesenian.

“Dengan semangat kebersamaan, gotong royong dan kerja keras prajurit untuk menyatubersama rakyat membangun desa merupakan kemanunggalan TNI dengan rakyat, maka sasaran TMMD dapat tercapai sebagaimana yang telah direncanakan,” pungkas Hanryan Indra Wira.

Penulis: aguswan. Editor: aan.