HETANEWS

Air PDAM Tirta Bulian Berlumpur, Proyek Miliaran Rupiah Bocor

Kondisi pipa PDAM yang bocor.

Tebingtinggi, hetanews.com -  Tampaknya sejumlah penghargaan yang diberikan kepada pihak PDAM Tirta Bulian Tebingtinggi ditahun 2015 higga 2016 dari Pemerintah Pusat hingga badan swasta perlu ditinjau ulang kembali.

Pasalnya, air yang diterima pihak pelanggan disejumlah titik mengalami kotor dan berlumpur sudah berbulan - bulan tanpa ada perbaikan. Malah meski air sudah  berlumpur para pelanggan yang ada disekitar Jalan AMD sekitar bakal mengalami "puasa" akibat proyek pipa di tahun 2015 sudah rusak akibat mengalami kebocoran.

Otomatis, air yang sampai ke rumah pelanggan mengalami depisit dan malah jalanan yang banjir akibat air meluap dari pipa yang baru selesai dikerjakan pihak pemborong.

Yang sedihnya lagi, proyek pembangunan pipa itu ditenderkan di tahun 2015 dan malah selesai 2016, sehingga tidak salah pihak penegak hukum peduli untuk secepatnya melakukan pemeriksaan kepihak PDAM atas penggunaan anggaran.

Direktur PDAM Tirta Bulian Tebingtinggi, Ewin Putra, Selasa (31/5/2016) mengaku, telah ada upaya pihaknya untuk membersihkan air kotor yang diterima pelanggan.

Sedangkan tentang adanya kebocoran pipa PDAM di daerah Jalan AMD itu masih wewenang pihak Satker Propinsi Sumut. “Kebocoran pipa diketahui saat dilakukan pengetesan sambungan pipa sebelum dilakukan serah terima,” kilah Ewin.

Padahal, dua pekan lalu Direktur muda "teman" anak dari Wali Kota Tebingtinggi Umar Zunaidi Hasibuan itu mengaku kebocoran pipa di daerah Jalan AMD, mereka yang perbaiki agar pelayanan tidak terganggu sehingga kasus ini layak untuk diperiksa.

Di tempat terpisah, Ketua LSM Pijar Keadilan Kota Tebingtinggi,Ricard Hary Mukti meminta keseriusaran pihak jaksa untuk melakukan pemeriksa ,bukan sekedar janji seperti "larinya" seorang pemborong atas kerusakan proyek limbah dan pipa milik PDAM Tirta Bulian Tebingtinggi di tahun 2015.

Penulis: ver. Editor: aan.