HETANEWS

Inseminasi buatan solusi Mentan Amran wujudkan swasembada sapi

Ilustrasi sapi. ©2013 hetanews.com/Shutterstock/DanVostok

hetanews.com - Menteri Pertanian Amran Sulaiman menyebutkan Indonesia bisa lebih cepat swasembada daging sapi dengan program inseminasi buatan (IB). IB adalah suatu proses pemasukan sperma dengan beberapa perlakuan kedalam vagina hewan yang sedang birahi.

Hal tersebut dijelaskan Menteri Amran dalam acara Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) Pertanian Nasional 2016. Acara tersebut turut dihadiri Kepala Dinas Pertanian, Perkebunan, dan Peternakan tingkat propinsi.

"Kalau mau tahu, satu saja rumusnya. Semua sapi betina kasih stempel, jadi bisa ditandai sapi mana yang sudah bunting, sapi mana yang belum bunting. Itu saja dikerjakan pasti selesai swasembada republik ini. Dianggarkan untuk IB semaksimal mungkin. Kalau bisa buntingkan sapi hingga dua juta ekor sapi se-Indonesia," jelasnya di Kantornya, Jakarta, Selasa (31/5).

Menteri Amran juga menjelaskan semakin banyak sapi betina yang teridentifikasi lewat stempel, semakin besar peluang melipatgandakan populasi sapi dalam program IB tersebut.

"Jadi tinggal pakai stempel saja. Dikasih kode sapi mana yang belum bunting, mana kode yang sudah bunting. Itu saja selesai persolan sapi," jelasnya.

sumber: merdeka.com

Editor: edo.