HETANEWS

Mentan: Ada 4 juta hektar lahan tidur, kepala daerahnya pasti tidur

Mentan Amran Sulaiman. ©2015 Merdeka.com

hetanews.com - Menteri Pertanian, Amran Sulaiman meminta kepada seluruh jajarannya agar mengoptimalkan lahan tidur yang ada di Indonesia. Mentan menyampaikan ini dalam acara Musyawarah Rencana Pembangunan Pertanian Nasional (Musrenbangtan) 2016 di Gedung Kementerian Pertanian, Ragunan, Jakarta Selatan.

Amran menyebut, setidaknya ada 4 juta hektar (ha) lahan yang masih belum tergarap atau lahan tidur. Jika ini dimanfaatkan dengan baik maka dapat menghasilkan pendapatan Rp 100-Rp 300 triliun.

"Sebanyak 4 juta hektar yang masih tidur harus segera dibangun. Sayang kalau tidak dimanfaatkan satu tahun hanya panen satu kali Kalau kita bisa optimalkan air yang ada di sungai-sungai, embung, danau, kita bisa angkat produksi, bukan hanya pangan tapi perkebunan dan peternakan. Ada sumber air pasti ada kehidupan," ujar Amran.

Amran menyentil Kepala Dinas ataupun Kepala Daerah yang tidak menggarap lahan tidur. Menurut Amran, jika ada lahan tidur berarti Kepada Dinas, Kepala Daerah, hingga perbankan pasti ikut tidur, karena tidak aktivitas apapun. Tapi jika ini bisa dimanfaatkan, maka akan bertambah hasil keuntungannya.

"Saya contohkan di lahan tidur di tanami 4 juta ha jagung maka akan ada 40 juta ton. Jika 3 kali panen maka hasilnya sama dengan Rp 120 triliun. Artinya, melalui lahan tidur kita bisa tambah produksi hingga Rp 300 triliun," tutupnya.

sumber: merdeka.com

Editor: edo.