HETANEWS

Limming Cafe Tak Punya Ijin Usaha dan Penyebab Kemacetan Jalan

Siantar, hetanews.com - Miris, Limming Cafe di Jalan MH Sitorus, Kelurahan Teladan, Kecamatan Siantar Barat ternyata tak memiliki ijin usaha, namun telah beroperasi selama ini.

Selain tak ada ijin usaha, Limming Cafe juga menjadi penyebab kemacetan di Jalan MH Sitorus. Ini akibat kendaraan roda empat yang parkir di bahu badan jalan, sehingga perlu tindakan tegas dari Pemko Siantar.

Permasalahan Limming Cafe ini disoroti Ketua Komisi III DPRD Siantar, Hendra Pardede, Senin (30/5/2016). Ditemui di ruang Komisi III, Hendra menyebutkan salah satu tahapan penertiban untuk cafe-cafe yang menyalahi aturan berdasarkan prioritas.

“Prioritas itu misalnya menyebabkan kemacetan, seperti Kedai Kopi Koktong itu kan volume kendaraan yang melintas tinggi. Kemudian Limming Cafe di Jalan MH Sitorus juga menyebabkan kemacetan," katanya.

Pria yang pernah mendapatkan penghargaan sebagai Tokoh Nyentrik dalam perayaaan Hari ulang Tahun (HUT) Hetanews ke II beberapa waktu lalu ini menuturkan, Limming Cafe telah menggunakan tempat yang seharusnya digunakan sebagai tempat parkir.

“Bagian teras nya digunakan mereka, padahal sebenarnya itukan untuk parkir. Dan memang pasti ijinnya itu tidak sampai di teras nya itu,” sebut politisi Partai Golkar ini.

Limming Cafe yang belum memiliki ijin usaha itu dibenarkan Kepala Bidang (Kabid) Perijinan, Badan Pelayanan Perijinan Terpadu (BPPT) Kota Siantar Mardiana. “Belum ada memang ijinnya mereja,"kata Mardiana singkat saat ditemui di kantornya, Jalan Melanthon Siregar.

Alasannya kata Mardiana, bahwa Limming Cafe memiliki prosedur yang tidak sesuai. Pihaknya tak berani memberikan ijin, karena mereka (Limming Cafe tidak ada tempat untuk parkir. Pasalnya itu cafe, jadi harus ada tempat parkirnya, karena bisa jadi masalah baru dan kita tidak berani mengeluarkan ijinnya,"jelas Mardiana.

Namun Mardiana menuturkan, saat ini Limming Cafe sedang melakukan pembuatan untuk tempat parkir. “Katanya sedang diproses untuk tempat parkirnya, tetapi kita lihat saja. Kalau tak dibuat juga terpaksa harus dibongkar oleh Satpol PP, karena memang jadi salah satu penyebab kemacetan,” tutupnya.

Penulis: tom. Editor: aan.
Komentar 1