HETANEWS.COM

Babinsa Bantu Petani Kelola Sawah dan Panen Padi

Babinsa menggunakan handtraktor membajak sawah. (foto : Penrem 022/PT)

Babinsa Gunakan Hand Traktor Bantu Petani Olah Sawah

Batubara, hetanews.com - Bintara Pembina Desa (Babinsa) Koramil 05/Tanjung Tiram Kopda Masri membantu petani membajak sawah milik Rusli menggunakan hand traktor pada luas lahan kurang lebih 1 hektar di Desa Tanah Timbul, Kecamatan Sei Balai, Kabupaten Batu Bara, Selasa (24/5/2016).

Pengolahan menggunakan hand traktor adalah cara pengolahan lahan baru yang dapat membantu petani untuk menyuburkan tanah yang akan ditanami karena dengan sistim ini akan mengubah sifat fisik tanah agar lapisan atas yang semula keras menjadi datar dan melumpur.

Keuntungan yang didapat selama pengolahan tanah yaitu gulma mati yang kemudian akan membusuk menjadi humus, airisasi tanah menjadi lebih baik dan lapisan bawah tanah jenuh air sehingga dapat menghemat air.

Pada pengolahan tanah sawah dilakukan perbaikan dan pengaturan pematang sawah serta selokan. Galengan (pematang) sawah diupayakan agar tetap baik untuk mempermudah pengaturan irigasi sehingga tidak boros air dan mempermudah perawatan tanaman.

Dengan pengolahan lahan menggunakan sistem ini diharapkan para petani akan lebih mudah merawat tanaman serrta dapat menghasilkan panen yang lebih baik, sehingga kebutuhan pangan dapat terpenuhi dan bahkan dengan meningkatnya hasil panen akan mendukung program pemerintah tentang ketahanan pangan nasional.

Pangan merupakan kebutuhan manusia yang paling mendasar, sehingga ketersediaan pangan khususnya beras bagi masyarakat harus selalu terjamin. Dengan terpenuhinya kebutuhan pangan maka masyarakat akan memperoleh hidup yang tenang sehingga mampu berperan dalam pembangunan.

Penyediaan pangan yang cukup merata dan bermutu bagi seluruh rakyat Indonesia khususnya masyarakat Kabupaten Batu Bara merupakan suatu prioritas yang terpenting guna mewujudkan program pemerintah dalam mendukung ketahanan pangan nasional.

Babinsa Dampingi Petani Bajak Sawah

Babinsa membantu petani mengolah lahan persawahan. (foto: Penrem 022/PT)

Asahan, hetanews.com - Koramil 13/Buntu Pane Kodim 0208/Asahan Serda Sugito membantu warga untuk membajak sawah milik Bono warga Desa  Bangun Sari Kecamatan Setia Janji, Kabupaten Asahan. Selasa (24/5/2016).

“Saya selaku Bintara Pembina Desa (Babinsa) Koramil 13/Buntu Pane ini membantu petani untuk membajak sawah milik Bapak Bono merupakan salah satu Upsus untuk mendukung progam swasembada pangan,” ujar Serda Sugito.

Dia mengatakan, kehadiran Babinsa)di tengah tengah petani memberi semangat kepada petani untuk mengelola sawah dan memenuhi kebutuhan daerah. Ini termasuk mengharapkan progam pemerintah dan TNI untuk membantu petani dapat meningkatkan produksi beras petani di Kabupaten Asahan.

Masyarakat sangat senang dan bersemangat dengan kehadiran Babinsa langsung ikut terjun ke sawah, karena untuk menghadapi musim taman ke dua  sehingga produksi beras di daerah mengalami peningkatan.

“Tidak hanya menanam padi, kami juga membantu petani untuk membuat saluran irigasi supaya sawahnya bisa terairi. Hingga kini irigasi masih menjadi kendala bagi petani, karena di wilayah Kabupaten Asahan kebanyakan sawah mengandalkan tandah hujan,” ujarnya.

Babinsa juga mengawasi distribusi pupuk subsidi agar tersalurkan kepada petani dan tidak di salahgunakan oleh oknum yang tidak bertanggung jawab.

Babinsa Bersana Warga Panen Padi Perdana

Babinsa bersama petani melakukan panen padi. (foto: Penrem 022/PT)

Asahan, hetanews.com - Anggota Koramil 13/Buntu Pane Serda Toni S membantu panen perdana di wilayah binaannya, peran Bintara Pembina Desa (Babinsa) dan Kodim untuk ikut menjaga dan mensukseskan ketahanan pangan, benar-benar direalisasikan.

Selain ikut memberikan penyuluhan, para tentara ini juga ikut mendampingi warga panen perdana padi. Seperti yang dilakukan oleh Babinsa di wilayah Desa Silau Maraja, Kecamatan Setia Janji, Kabupaten Asahan, Selasa (24/5/2016).

Panen padi perdana adalah panen padi jenis varietas ciherang di area sawah Bpk Riki dengan hasil ± 7,6 ton per hektar dengan luas sawah yang di penen mencapai 2 hektar.

Serda Toni dalam kesempatan itu mengatakan, Babinsa sebagai aparat teritorial mengajak para warga agar lebih bersemangat dalam bercocok tanam. Kegiatan ini juga merupakan bagian dari program pemerintah dalam swasembada pangan. Di samping pendampingan pertanian juga sekaligus untuk meningkatkan kemanunggalan TNI dengan rakyat melalui bidang pertanian.

Babinsa selaku aparat teritorial merupakan ujung tombak TNI yang berada di seluruh wilayah desa binaannya yang langsung bersentuhan dengan masyarakat, diharapkan mampu mendorong para petani yang ada di wilayahnya dalam rangka meningkatkan produksi pangan.

Dan harus mampu mengajak kepada para petani untu mendukung program swasembada pangan nasional Babinsa dalam hal ini bertindak sebagai motivator dalam usaha menciptakan swasembada pangan yang merupakan program pemerintah agar sesuai yang diharapkan.

Penulis: bt. Editor: aan.

Daftarkan diri Anda sebagai anggota Heta News untuk selalu mendapatkan buletin berita populer langsung di kotak surat elektronik Anda!

Berlangganan

Daftarkan diri Anda sebagai anggota Heta News untuk selalu mendapatkan buletin berita populer langsung di kotak surat elektronik Anda!

Berlangganan