HETANEWS.COM

Pendampingan Babinsa Terhadap Petani Wujudkan Swasembada Pangan

Babinsa bantu petani kumpulkan hasi panen padi. (foto : Penrem 022/PT)

Babinsa Lakukan Pendampingan Panen Padi di Sei Kepayang

Asahan, hetanews.com - Komando Distrik Militer (Kodim) 0208/Asahan, kerahkan Babinsa membantu target serapan gabah petani (sergap).

Upaya penyerapan gabah tersebut dengan mengupayakan seluruh jajaran Koramil bersama tim gabungan yang terdiri dari personel masing masing dari Babinsa, Distan, Upsus dan Bulog.

Seperti yang dilakukan Babinsa Sertu Radiansyah dan Serda M Simanjuntak dari Koramil 10/Sei Kepayang jajaran Kodim 0208/Asahan, membantu petani mengumpulkan hasil panen padi milik A Hasibuan warga Desa Pertahanan Kecamatan Sei Kepayang Kabupaten Asahan, luas lahan 1 hektar dengan 4,5 Ton. Hal ini dilakukan guna meningkatkan serapan gabah Bulog, Selasa (17/5/2016).

“Babinsa turun langsung ke lokasi panen dan ke petani. Supaya hasil panen petani dapat langsung diserap Bulog dalam memenuhi target sergap,” ungkap Sertu Radiansyah.

Teknis pelaksanaan di lapangan ungkap Sertu Radiansyah, sasaran berbeda di setiap desa yang sedang mengalami musim panen dan bergerak secara serentak ke lokasi siap panen.

“Kita pastikan setelah ada koordinasi dengan Bulog menyatakan siap membeli dengan sistem pembayaran cash di lapangan kepada petani,” ungkap Sertu Radiansyah.

Penerapan sistem tersebut yang telah dikoordinasikan dengan beberapa instansi terkait diharapkan dengan pola seperti ini hasil gabah yang dicapai akan lebih baik.

Lebih lanjut Sertu Radiansyah, mengatakan, bahwa penting bagi Babinsa untuk mengetahui tentang serapan gabah dan beras di masing-masing wilayah. Ini agar petani dihimbau untuk menjual gabahnya atau berasnya ke Bulog dan mitra Bulog.

Dampingi Petani, Babinsa Koramil Bandar Pulau Turun Ke Sawah

Asahan, hetanews.com - Aktivitas Bintara Pembina Desa (Babinsa) di desa-desa terus aktif. Kali ini, babinsa dan petani bergotong royong mencabuti rumput secara tradisionil dengan tangan agar tidak merusak tanaman padi. Pembersihan gulma dilakukan saat umur tanaman padi mencapai 48 hari agar tanaman padi tumbuh normal.

Seperti halnya yang dilaksanakan oleh Pelda Syahbudin dan Serda Zulkarnain Siagian yang membantu petani membersihkan hama rumput di lahan sawah Demplot Koramil 15/Bandar Pulau Dusun 1 Desa Lobu Rappa, Kecamatan Aek Songsongan,  Kabupaten Asaha, Senin (16/5/2016).

Gulma adalah sejenis rumput/tanaman liar yang tumbuh pada persawahan, biasanya gulma banyak tumbuh subur pada sela-sela atau diantara tanaman padi. Keberadaan gulma ini menjadi gangguan pada tanaman khususnya tanaman padi, tanaman menjadi tidak dapat menghasilkan secara maksimal.

“Petani sering mengeluarkan biaya yang tidak sedikit untuk melakukan penanggulangann dan penyiangan gulma ini,” kata Pelda Syahbudin.

Babinsa Berbaur Dengan Masyarakat Perangi Hama Tikus

Batubara, hetanews.com - Dalam upaya menekan populasi tikus sawah, para Babinsa TNI AD, petani serta warga melakukan pembasmian massal memburu hewan pengerat ini, Senin (16/5/2016).

Kegiatan ini sebagai wujud kepedulian bersama akan ketahanan pangan di Kabupaten Batu Bara, khususnya di Kecamatan Limapuluh.

Kegiatan pembasmian hama tikus ini dilakukan oleh prajurit TNI-AD dari Koramil 03/Limapuluh bersama masyarakat Desa Perpuk Kecamatan Limapuluh dalam rangka pengendalian hama tikus.

Sebelum kegiatan dilaksanakan, para petani diberikan sosialisasi bagaimana caranya berburu hama tikus menggunakan alat Tiran 75 SP yang diberi dari dinas terkait.

Menurut Kepala Desa (Kepdes) Perpuk, kegiatan berburu hama tikus tersebut dalam upaya untuk mengurangi serangan sejumlah hama padi, khususnya tikus. “Karena serangan hama tikus hampir setiap musim tanam, yang terjadi saat-saat beberapa hari lagi padi akan dipanen,” ungkapnya.

Tentunya, kata dia, apa yang mereka lakukan ini merupakan salah satu dari beragam cara memberantas hama di sawah bagi para petani, selain dengan membunuh hama lewat bahan kimia. “Yang jelas cara ini alami serta bisa menumbuhkan rasa kebersamaan dan kegotongroyongan,” katanya di sela-sela kegiatan memburu tikus.

Sementara itu, Komandan Koramil (Danramil) 03/Limapuluh Kapten Inf Zulfan menjelaskan, bahwa keterlibatan TNI-AD dalam kegiatan perburuan hama tikus tersebut sebagai upaya membantu petani dalam membasmi hama.

Apa yang mereka lakukan tersebut, menurutnya, merupakan pendampingan terhadap petani, sebagai tindak lanjut Memomrandum of Undersatnding (MoU) TNI dengan Kementerian Pertanian, dalam upaya peningkatan ketahanan pangan.

“Kegiatan ini merupakan yang pertama dilaksanakan Desa Perpuk, dengan menurunkan seluruh Babinsa Koramil 03/Limapuluh untuk bergabung dan mendampingi para petani dan mudah-mudahan akan membuahkan hasil yang maksimal," ujarnya.

Babinsa Medang Deras Lakukan Penyemprotan Padi

Asahan, hetanews.com - Anggota Koramil 01/Medang Deras Kodim 0208/Asahan, Serda R Sitohang melaksanakan penyemprotan padi dengan di sawah milik Sitorus warga Desa Pematang Cengkring Pekan Kecamatan Medang Deras Kabupaten Batu Bara, Senin (16/5/2016).

Dalam kegiatan penyemprotan tanaman padi mengunakan pupuk sejenis ”Petroganik” guna mencegah serangan wereng dan ulat yang saat-saat ini sudah mulai menyerang tanaman padi, maka dari itu Babinsa membantu dalam penyemprotan bersama PPL dan petani di sawah.

Babinsa selalu mendampingi petani dalam melaksanakan kegiatan baik dalam penyemprotan tanaman padi, Babinsa juga selalu memberikan dan cara merawat padi dengan baik.

Dalam hal ini sudah di lakukan oleh Babinsa untuk membantu dalam penyemprotan tanaman padi, diharapkan dengan kegiatan ini padi akan selalu tumbuh sehat dan menghasilkan dan menghasilkan panen padi yang memuaskan dan hasil yang maksimal seperti yang kita harapkan dalam mendukung swasembada pangan yang di programkan oleh pemerintah.

Babinsa Koramil 10 Balimbingan Hadiri Rapat Rutin Gapoktan

Simalungun, hetanews.com - Program ketahanan pangan nasional menjadi program pemerintah dalam mencapai swasembada pangan sampai tahun 2017. Berbagai usaha terus dilakukan dari sosialisasi langsung pada para petani maupun pengecekan penyediaan pupuk bersubsidi di gudang-gudang penampungan.

Senin (16/5/2016) Gapoktan Kecamatan Hatonduhan mengadakan rapat rutin dengan anggota Poktan. Serma Soutan anggota Babinsa Koramil 10/Balimbingan hadir dalam acara rapat rutin ini guna membahas tentang percepatan tanam dan pendistribusian pupuk.

Agenda rapat rutin merencanakan percepatan optimalisasi lahan dan pendistribusian pupuk. Panen akan berhasil apabila dari awal pengolahan lahan disiapkan dengan baik.

“Kalau bapak-bapak petani ingin hasil panennya meningkat maka harus dimulai dengan pengolahan dan penyiapan lahan sebelum tanam dengan baik, dilanjutkan dengan pemupukan yang efektif dan efisien sampai penanggulangan hama (OPT) hingga panen sampai pasca panen,” ucap Serma Soutan.

“Dari kami TNI selalu siap dalam pendampingan bersama PPL untuk mensukseskan program ketahanan pangan ini dan kami juga siap dalam pengawalan pendistribusian pupuk bersubsidi agar benar-benar sampai kepada para petani” ujarnya.

Babinsa Koramil Air Putih Bantu Petani Tanam Padi

Batubara, hetanews.com - Bintara Pembina Desa (Babinsa) Koramil 02/Air Putih, Kodim 0208/Asahan, Koptu A. Darbani, Senin (16/5/1206), turun ke sawah membantu petani menanam padi di lahan persawahan milik Ngatimin seluas 0,8 hektar di Dusun VI Desa Aras Kecamatan Air Putih, Kabupaten Batu Bara.

Kegiatan itu merupakan suatu kepedulian TNI-AD khususnya Kodim 0208/Asahan dalam membantu pemerintah daerah menyuksekan Swasembada pangan di kabupaten Asahan dan Batu Bara, sekaligus melaksanakan Instruksi Dandim 0208/Asahan Letkol Inf Enjang yang memerintahkan Babinsa membantu petani.

Selain membantu petani menanam padi, Koptu A Darbani sebelumnya juga membantu dalam menyiapkan lahan. Disamping itu memberikan motivasi kepada para petani.

“Saya selaku aparat teritorial merupakan ujung tombak TNI yang berada di wilayah yang langsung bersentuhan dengan masyarakat. Hal itu berarti saya harus mampu mengajak para petani untuk mendukung dan mensukseskan program swasembada pangan pemerintah,”ungkap Koptu A  Darbani pada saat kegiatan tanam padi.

Sementara Ngatimin menyampaikan terima kasih kepada Babinsa, karena telah mendampingi serta memberikan motivasi para petani.

Ia berharap pendampingan Babinsa dilakukan secara kontinyu dan berkesinambungan, sehingga diharapkan TNI selalu dapat membantu petani yang membutuhkan pendampingan.

Anggota Koramil 02/Air Putih Ajak Masyarakat Tanam Jagung

Batubara, hetanews.com - Dalam rangka meningkatkan swasembada pangan di wilayah Kecamatan Air Putih, Batu Bara, Koptu A Darbani anggota Koramil 02/Air Putih mengajak masyarakat melaksanakan penanaman jagung pada lahan seluas 0,71 hektar di areal lahan Koramil 02/Air Putih, Senin (16/5/2016).

Kegiatan ini merupakan suatu wujud peran serta Babinsa dalam tugas pendampingan guna mendukung dan mensukseskan program swasembada pangan untuk membantu masyarakat petani di desa agar dapat keluar dari himpitan ekonomi.

Tentu saja hal ini disambut baik para petani yang berharap kesulitan pangan bisa teratasi karena hasil panen jagung yang maksimal. “Kami selaku Babinsa mendukung upaya khusus program ketahanan pangan dengan meluangkan waktu mewujudkan ketahanan nasional dengan cara menanam jagung yang cocok ditanam saat kemarau,” ujar Koptu A Darbani.

Sementara masyarakat di sekitar Koramil 02/Air Putih merasa senang dengan peran serta Babinsa mengajak bercocok tanam jagung untuk membuang waktu luang sekaligus mempererat tali silaturahmi antara anggota Koramil dengan masyarakat sekitar.

Babinsa Kodim 0207/Simalungun Diperkenalkan Mesin Tanam Rice Transplanter

Simalungun, hetanews.com - Babinsa Koramil jajaran Kodim 0207/Simalungun melaksanakan pelatihan penanaman padi dengan menggunakan rice transplanter (mesin tanam padi) di Kelurahan Tong Marimbun Kecamatan Siantar Marimbun,  Kota Siantar, Senin (16/5/2016).

Proses pelatihan pengoperasian mesin tanam ini dilakukan dengan tujuan untuk melatih Babinsa dalam mengoperasikan mesin tanam menggunakan transplanter dalam rangka persiapan tanam perdana.

Pemanfaatan mesin tanam pindah bibit padi sawah sistem legowo (Jarwo Transplanter) meliputi penyetelan beberapa fungsi dari mesin tanam padi Indo Jarwo Transplanter 2: 1, serta pelatihan pengoperasian mesin tanam kepada Babinsa Koramil jajaran Kodim 0207/Simalungun.

Peserta pelatihan pengoperasian mesin tanam padi ini diikuti oleh seluruh Babinsa dari Koramil jajaran Kodim 0207/Simalungun. Pada kegiatan ini pengenalan mesin tanam padi transplanter yang bertujuan agar Babinsa dapat mengetahui kegunaan dan fungsi-fungsi tuas atau handle yang ada di mesin tanam ini.

Pelatihan pengoperasian unjuk kerja mesin di lahan sawah dengan menggunakan bibit yang sudah dipersiapkan sebelumnya pada dapog baki. Bibit yang digunakan berumur 15 hari, tinggi sekitar 150 – 200 mm. Sebagian dari dimensi dapog ada yang berukuran 190 mm x 600 mm (lebar x pjg), sehingga bibit dipotong 10 mm pada sisi lebarnya sehingga lebar bibit menjadi 180 mm sehingga pas sesuai lebar tray transplanter.

Lahan yang menjadi lokasi uji coba memiliki spesifikasi terolah sempurna, tinggi genangan air 20 – 35 mm, memiliki kedalaman lapisan keras (hardpan)/kedalaman kaki (foot sinkage) antara 250 – 290 mm.

Pada penanaman konvensional padi yang dicabut akan stress dan untuk pulih memerlukan waktu seminggu. Bibit yang dicabut akar-akarnya akan tertinggal  dilahan persemaian kira-kira bisa mencapai 40 persennya. Jadi ada 40 persen bibit yang hilang. Hal ini tentu akan mempengaruhi pertumbuhan tanaman.

Para  Babinsa  juga  bisa  membuktikan  menggunakan  mesin  ini  juga  dapat memperpendek  masa  budidaya  padi. keberhasilan  penggunaan  rice  transplanter harus didukung dengan penyiapan bibit padi yang baik.

Proses pelatihan tanam padi dengan menggunakan mesin tanam Indo Jarwo Transplanter berjalan lancar. akan tetapi belum bisa tanam secara lurus, dikarenakan peserta pelatihan baru pertama kali mengoperasikan mesin tanam padi ini.

Babinsa dan PPL Laksanakan Pengubinan Padi

Labuhanbatu, hetanews.com - Babinsa Koramil 11/Kota Pinang Serda Zulkarnaen dan PPL Kecamatan Kota Pinang melaksanakan pendampingan kepada petani melakukan pengubinan, Kamis (12/5/2016).

Pengubinan tersebut dilaksanakan di lahan padi milik Rahman warga Dusun 1 Desa Mampang, Kecamatan Kota Pinang, Kabupaten Labuhan Batu.

Dari hasil pengubinan tersebut, diperkirakan akan mendapatkan hasil panen 4,5 Ton per hektar. Menurut PPL, tujuan dilaksanakan pengubinan ini adalah untuk mengetahui perkiraan hasil panen yang akan diperoleh petani.

Babinsa Koramil Labuhan Bilik Tinjau Lokasi Karya Bhakti

Labuhanbatu, hetanews.com – Rabu (11/5/2016) Babinsa Koramil 04 Labuhan Bilik Serma Faisal dan Serda Dedi Herman mewakili Danramil 04/Labuhan Bilik meninjau lokasi rencana karya bhakti di Dusun 8 Desa Cinta Makmur, Kecamatan Panai Hulu, Kabupaten Labuhan Batu.

Turut hadir dalam peninjauan tersebut, Kakesbang Labuhan Batu Hasnun Basri, Pasiter Kodim 0209/LB Kapten Inf Bahdi, Staf PU Bina Marga  dan Kades Cinta Makmur.

Saat kunjungan Kades Cinta Makmur Ego Wiharno memaparkan rencana meliputi tempat dan gambaran lokasi yang menjadi kebutuhan masyarakat di desanya bila Karya Bhakti terlaksana. 

Masyarakat menantikan dan mengharapkan kepada pihak Kodim 0209/LB dan Pemkab Labuhan Batu untuk segera membangun bersama-sama masyarakat sarana jalan yang amat penting untuk lalu lintas perekonomian di bidang pertanian.

Ego Wiharno yakin apabila jalan tersebut dibangun maka hasil panen masyarakatnya tidak akan lagi memerlukan tambahan biaya karena kesulitan pengangkutan.

Babinsa Laksanakan Komunikasi Sosial dengan Masyarakat

Labura, hetanews.com - Untuk mempererat tali silaturahmi dan kerjasama yang baik dalam rangka mendukung Tugas Pokok Babinsa serta terwujudnya Kemanunggalan TNI dengan Rakyat, anggota Koramil 05 Bandar Durian jajaran Kodim 0209/LB secara rutin dan berkesinambungan melaksanakan Komunikasi Sosial (Komsos) dengan masyarakat di desa binaannya.

Demi menjaga hubungan yang harmonis antara Babinsa dengan masyarakat binaannya, Koptu Saryono dan Koptu H Pasaribu secara rutin mendatangi dan berkomunikasi dengan tokoh agama, tokoh masyarakat, tokoh pemuda dan elemen masyarakat lainnya.

Salah satunya dengan mendatangi tokoh masyarakat , tokoh adat dan Lurah di Desa Padang Halaban Kecamatan Aek Kuo serta Kelurahan Bandar Durian Kecamatan Aek Natas, Kamis (12/5/2016).

Pelaksanaan komunikasi sosial ini merupakan tugas rutin yang dilaksanakan Babinsa untuk mengetahui perkembangan wilayah binaan dari Babinsa tersebut dan akan lebih mempererat hubungan antara TNI dan masyarakat.

Babinsa adalah ujung tombaknya satuan dilapangan,maka kegiatan komsos yang dilaksanakan oleh Babinsa dapat diterima positif oleh masyarakat. Dengan adanya Babinsa yang berkeliling di desa binaannya jadi Babinsa tau permasalahan sehingga kalau ada permasalahan cepat terselesaikan.

Babinsa Bantu Pembuatan Jamban

Deliserdang, hetanews.com - Kodim 0204/DS  melalui Koramil Jajarannya, melaksanakan kegiatan program Jambanisasi . Pembuatan jamban untuk warga tersebut merupakan program sanitasi total berbasis masyarakat di seluruh Kabupaten Deli Serdang, Minggu (15/5/2016).

Seperti yang dilakukan Babinsa 06/Lubuk Pakam Serma Safdar bersama dengan warga masyarakat melanjutkan pembuatan jamban di rumah Musa Sinaga (65) warga Dusun VI Desa Pagar Jati Kecamatan  Lubuk Pakam. Kegiatan pembuatan dimulai dengan penggalian lubang septic tank milik warga.

“Saya sangat senang dan berterimakasih mendapat bantuan pembuatan jamban, sehingga kami tidak perlu lagi buang air di sungai,” kata Musa Sinaga dengan mata berbinar.

Sementara itu, menurut Serma Safdar kebutuhan jamban sesuai data masyarakat yang belum memiliki jamban.

Petani Olah Sawah Bersama Babinsa

Deliserdang, hetanews.com - Babinsa Koramil 08 Pantai Cermin Kodim 0204/Deli Serdang Sertu Tigor Sitorus bertempat di Desa Ara Payung Kecamatan Pantai Cermin melakukan pendampingan pengolahan sawah milik Kardi Kelompok Tani Ingin Maju, Minggu (15/5/2016).

Kegiatan ini dilaksanakan sebagai pendekatan dan upaya menambah pengetahuan dalam pertanian tentang pemeliharaan dan perawatan mesin bajak tanah (traktor) yang sudah banyak digunakan oleh para petani dalam pengolahan lahan di era yang serba mesin.

Semakin majunya zaman sekarang ini maka untuk pengolahan lahan yang menggunakan hewan sapi ataupun kerbau sudah jarang ditemui lagi dikarenakan masyakat sekarang lebih banyak yang mengandalkan mesin dalam semua hal.

Karena itu petani yang sering berkecimpung di sawah dalam pengolahan lahan sedikit banyak harus mengerti cara kerja dan perawatan mesin traktor ini seperti yang sedang dilakukan oleh Babinsa Koramil 08 Pantai Cermin yang antusias mengenal dan mempelajari tentang mesin ini.

Babinsa Pantau Benih Padi di Desa Tanjung Medan

Labuhanbatu, hetanews.com - Babinsa Koramil 08/RP Babinsa Serda Bejo melaksanakan Upsus pemantauan bibit padi di Desa Tanjung Medan Kecamatan Bilah Barat, Kabupaten Labuhan Batu.

Kegiatan tersebut merupakan tugas Babinsa dengan melakukan pemantauan secara terus menerus baik perkembangan tanaman maupun gangguan hama bersama petani, Senin (16/5/2016).

Babinsa turun ke sawah dan membantu petani dalam penyiapan lahan sampai pencabutan benih padi dan penanaman padi akan mempercepat penanaman padi untuk mendukung program swasembada pangan pemerintah.

“Selain itu para Babinsa juga selalu memonitor pekerjaan para petani dalam menggarap sawah di wilayah binaannya, serta membantu sesuai dengan kemampuannya agar bisa menanam padi dengan baik serta manghasilkan kualitas yang bagus,” kata Serda Bejo

Para Babinsa akan selalu turun ke lapangan untuk mengecek kegiatan para kelompok tani, memberikan arahan supaya disampaikan kepada para petani yang ada di kelompoknya masing-masing.

“Bila hal ini terus dilakukan maka bisa dipastikan hasil panen petani akan meningkat. Kegiatan itu dilaksanakan sebagai bentuk tugas Babinsa mendampingi para petani dalam bercocok tanam, untuk mewujudkan ketahanan pangan di wilayah sehingga tercipta program swasembada pangan secara nasional,” katanya.

Komsos Babinsa dan Masyarakat Tingkatkan Silaturrahmi

Labura, hetanews.com - Bintara Pembina Desa (Babinsa) tidak pernah jauh dari masyarakat binaannya. Babinsa harus senantiasa selalu berkomunikasi dengan masyarakat binaannya untuk menjalin silaturrahim dan membahas hal-hal yang dapat membantu masyarakat.

Demikian yang dilakukan oleh Babinsa 01 Aek Kanopan Kodim 0209/LB  Sertu Erwin Junaidi melaksanakan Komsos dengan Kepala Desa Pulo Dogom Kecamatan Kualuh Hulu, Kabupaten Labuhan Batu Utara dalam rangka pendataan masyarakat pendatang, Senin (16/5/2016).

Begitu juga yang dilaksanakan Babinsa Kopda Ari Gunawan  melaksanakan Komsos bersama masyarakat di rumah Kadus P Simanjuntak Desa Sialang Taji, Kecamatan Kualuh Selatan, Kabupaten Labura.

Pelaksanaan komunikasi sosial ini merupakan tugas rutin yang dilaksanakan Babinsa untuk mengetahui perkembangan wilayah binaan dari Babinsa tersebut dan akan lebih mempererat hubungan antara TNI dan masyarakat.

Penulis: bt. Editor: aan.

Daftarkan diri Anda sebagai anggota Heta News untuk selalu mendapatkan buletin berita populer langsung di kotak surat elektronik Anda!

Berlangganan

Daftarkan diri Anda sebagai anggota Heta News untuk selalu mendapatkan buletin berita populer langsung di kotak surat elektronik Anda!

Berlangganan