HETANEWS.COM

PDI-P Humbahas Bersihkan Makam Sisingamangaraja dan Pelepasan Ikan

Pelepasan bibit ikan di Danau Toba. (foto : AKim Purba)

Humbahas, hetanews - DPC-PDI - Perjuangan Kabupaten Humbang Hasundutan (Humbahas) melakukan kegiatan bhakti sosial berupa pembersihan makam Pahlawan Raja Sisingamangaraja XII di Bakkara, Kecamatan Baktiraja, penyerahan berbagai macam bunga untuk ditanam di sekeliling lingkungan dan pelepasan bibit ikan di Danau Toba, Selasa (17/5/2016). Kegiatan ini dalam rangka memperingati Hari Ulang Tahun (HUT) PDI-P ke 43.
  
Ketua DPC-PDI P Humbahas, Harry Sihombing menjelaskan, rangkaian kegiatan ini merupakan satu bagian dari ucapan syukur PDI-P pada masyarakat Indonesia, secara khusus di daerah ini pada perayaan HUT partai.

“Kita menyerahkan bunga sebanyak 100 biji dan poly bag, melakukan kebersihan lingkungan sekitar makam dan menabur benih ikan mas sebanyak 5000 ekor di Pelabuhan Bakkara Kecamatan Baktiraja,” sebutnya.

Harry menuturkan, ini juga menyampaikan pesan kampanye pada seluruh masyarakat Humbahas secara khusus dan secara umum mendukung kepada program pemerintah, dalam hal ini Presiden Indonesia Joko Widodo, menjadikan Danau Toba menjadi daerah wisata yaitu Monaco of Asia.

“Kita mendukung program tersebut dan mengajak masyarakat Baktiraja untuk senantiasa melestarikan Danau Toba. Contoh kecilnya menjaga lingkungan dari sampah dan tidak membuang sampah sembarangan,” sebutnya.

Sementara kegiatan penaburan bibit ikan, menurutnya untuk menggelorakan budaya makan ikan sesuai dengan standart gizi dan pangan, bahwa seorang manusia dalam satu tahun minimal mengkonsumsi ikan paling sedikit 60 kg.

Kegiatan kebersihan di sekitar lokasi makam Raja Sisingamangaraja. (foto: Akim Purba)

Dalam kegiatan tersebut, Harry menyarankan kepada masyarakat agar jangan sesekali meninggalkan sejarah bahwa Istana Raja Sisingamangaraja di Kecamatan Baktiraja merupakan pusat pemerintahan ketika melakukan perlawanan terhadap Kolonial Belanda. Artinya Baktiraja merupakan bagian dari sejarah yang sangat penting terhadap terbentuknya Republik Indonesia.

Harry juga menerangkan, tanggal 23 Mei ada juga kegiatan lainnya berupa launching tanaman buah dan obat, sekaligus penangkaran di Siporngis ,Desa Siborboron, Kecamatan Sijama Polang.

“Kita melakukan kampanye menanam buah dan tanaman obat. Ini karena kita sadari bahwa konsumsi buah di Indonesia masih jauh dari cukup. Padahal buah sangat penting bagi tubuh kita,” terangnya.

Pihaknya juga menyediakan lokasi penangkaran dan bagi masyarakat Humbahas yang mau berkunjung untuk mengambil buahnya dan dimakan,  dalam arti tidak diperjual belikan. “Itu akan kita gratiskan kepada mereka (masyarakat) yang datang berkunjung,tapi jangan diperjual belikan,” ujarnya sambil tersenyum

Penulis: akim. Editor: aan.
Aplikasi Heta News sudah tersedia di Google Play Store. Silakan pasang di ponsel pintar Anda!