Labuhabatu, hetanews.com - Babinsa Jajaran Koramil 04/Labuhan Bilik melakukan pengecekan dan monitoring tanaman padi yang mengalami kekeringan.

Kegiatan dilakukan berdasarkan instruksi Dandim 0209/Labuhanbatu Letkol Inf Berkim Sitompul kepada seluruh Koramil jajaran untuk melaksanakan pengecekan sawah-sawah yang mulai mengering yang diakibatkan musim yang tidak menentu. Para babinsa diminta mewaspadai terhadap penyebaran hama pada tanaman padi di wilayah Kabupaten Labuhanbatu.

Sementara hasil pantauan di lapangan para Babinsa menemukan beberapa lahan sawah milik petani di wilayah Kecamatan Panai Tengah terancam gagal, karena kurangnya pasokan air sehingga lahan menjadi kering.

Upaya yang dilakukan babinsa yakni mengimbau para petani mengatasi dengan pengairan dari sumur pantek menggunakan mesin pompa air setiap 10-15 hari sekali untuk mendapatkan air yang cukup untuk pengairan sawahnya. Ini agar semua tanaman tanaman padi yang telah ditanam tidak mengalami kekeringan, sehingga petani tidak mengalami kerugian terlalu besar.

Hasil dari pemantauan babinsa akan didata kemudian dilaporkan ke pemerintah sebagai masukan. Semoga akan ditindak lanjuti guna mengantisipasi timbulnya kerugian dari para petani.