HETANEWS

Babinsa Mahir Gunakan Traktor Bajak Persawahan

Serka Hendy ikut membantu petani membajak sawah menggunakan traktor.(foto : Penrem 022/PT)

Deliserdang, hetanews.com - Koramil 11/Tanjung Beringin jajaran Kodim 0204/Deli Serdang aktif melaksanakan pendampingan pertanian dengan warga desa binaannya masing-masing.`  

Seperti yang dilakukan Serka Hendy Babinsa Koramil 11/Tanjung Beringin, pada hari Sabtu (7/5/2016). “Dulu kelompok tani (poktan) masih menggunakan bajak tradisional dengan tenaga sapi untuk membajak lahan sawah sebelum ditananami, tetapi sekarang era modern dengan menggunakan traktor,” ungkapnya.

Nyingkal (bahasa Jawa), atau membajak sawah dengan alat tradisional yang ditarik atau digeret oleh satu atau dua ekor sapi atau kerbau itu dilakukan oleh petani zaman dulu.

Tetapi sekarang tergantikan dengan traktor yang secara teknis sangat memudahkan, lebih efektif dan efisien penggunaanya serta menjadi andalan untuk mengerjakan lahan pertanian.

Hal yang menakjubkan bagi para petani, ternyata para babinsa juga lincah dalam penggunaan alsintan traktor. Ini karena para babinsa juga termasuk anggota Brigade Alsintan. Dengan kehadiran para babinsa Koramil 11/Tanjung Beringin, petani merasa terbantu pada permasalahan pertanian. Selain itu dapat merekatkan hubungan persaudaran antara petani dengan Babinsa dalam kehidupan bermasyarakat.

Serka Hendy mengatakan, bahwa dengan pengolahan lahan menggunakan traktor tersebut diharapkan para petani akan lebih mudah merawat tanaman, serta dapat menghasilkan panen yang lebih baik.

Sehingga kebutuhan pangan dapat terpenuhi dan bahkan dengan meningkatnya hasil panen akan mendukung program pemerintah tentang kedaulatan pangan nasional di wilayahnya.

Penulis: bt. Editor: aan.