Batubara, hetanews.com  - Membersihkan saluran irigasi merupakan salah satu upaya untuk meningkatkan produksi pertanian dalam menunjang program ketahanan pangan.

Ini bertujuan agar air mengaliri areal sawah dengan baik, karena irigasi pertanian sudah dibersihkan secara bersama-sama dan tidak ada lagi gangguan irigasi dalam pemenuhan kebutuhan air di sawah para petani.

Demikian dituturkan babinsa Koramil 03 Lima Puluh Pelda Arohmanto dan Kopda TA Purba membantu petani membersihkan saluran irigasi tersier di Desa Titi Merah, Kecamatan Lima Puluh, Kabupaten Batubara, Minggu (8/5/2016).

"Misi pendampingan ini intinya mengajak petani untuk melakukan pengolahan lahan, perawatan tanaman dan teknis pengairan, agar hasil produksi padi semakin meningkat," tuturnya.

Bersamaan musim tanam dengan musim hujan, lanjut dia, pihaknya sudah menginstruksikan kepada seluruh babinsa untuk memonitor sejumlah kendala petani di lapangan, agar masalah dapat diminimalisir sejak dini. 

“Seperti keberadaan saluran irigasi yang ada, ketersediaan pupuk, dan obat antihama yang harus dimonitor secara terpadu dengan Petugas Penyuluh Lapangan (PPL) maupun instansi terkait di lapangan," katanya.